Simalungun, Hetanews.com - Kejaksaan Negeri Simalungun melalui program Jaksa Garda Desa (Jaga Desa) melakukan penyuluhan hukum ke Nagori Sahkuda Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun, kemarin. Penyuluhan dan penerangan hukum ke berbagai Nagori menjadi target Kejari Simalungun, terkait banyaknya laporan pengaduan warga yang masuk ke Kejaksaan.

Demikian dikatakan Kepala Seksi intelijen Ratno Timur Habeahan Pasaribu, SH, MH ketika dikonfirmasi hetanews, Jumat (11/6). 

"Penyuluhan dan penerangan hukum bertujuan agar pemanfaatan Dana Desa tepat sasaran dan jangan menyimpang dari aturan yang ada," kata Pasaribu.

Penyuluhan hukum dihadiri perangkat desa dan sekitar 30 orang warga dengan tetap menerapkan Prokes covid-19. Pemaparan disampaikan Kasubsi Eknomi Augus Vernando Sinaga, SH dan David T.H Siregar sebagai narasumber.

Dijelaskan Pasaribu, dengan meningkatnya laporan pengaduan yang masuk ke Kejaksaan Negeri Simalungun yang berkaitan dengan penyalahgunaan Dana Desa dan Penyaluran BLT di berbagai Nagori sehingga diperlukan adanya penerangan dan penyuluhan hukum. Agar dapat memberikan pandangan kepada masyarakat dan Perangkat Nagori mengenai permasalahan hukum.

Kejari Simalungun berharap dengan adanya Penerangan dan Penyuluhan Hukum yang dilaksanakan dapat memberikan edukasi masyarakat. Sehingga masyarakat dapat terhindar dari permasalahan hukum dan dapat memanfaatkan perangkat Desa seperti Maujana dalam mengatasi permasalahan Hukum di Desa dengan cara musyawarah dan mufakat terlebih dahulu.

Selain itu, Agus juga mensosialisasikan dan mengedukasi warga terkait Rumah Desa Sehat melalui Dana Desa Tahun anggaran 2021. Pangulu Nagori Sahkuda mengucapkan terima kasih kepada Jaksa Garda Desa Kejari Simalungun yang sudah mengedukasi warga dan perangkat desa tentang permasalahan hukum yang dapat menjerat terkait penggunaan dana desa.

Sehingga penyaluran nantinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tepat sasaran dan untuk kemajuan bersama, katanya. Masyarakat sangat antusias dengan program Jaga Desa Kejari Simalungun ditandai dengan banyaknya pertanyaan warga.