SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Kementerian pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Solahudin Uno bersama stakeholder membahas rumusan dan kajian untuk mendorong percepatan pemulihan industri pariwisata Destinasi Super Prioritas di Kawasan Danau Toba melalui sosialisasi ITMP (Information Technology Master Plan).

Ini disampaikan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno usai Rapat Kordinasi Akselerasi Pengembangan DPSP bersama BPODT dan Kepala Daerah se Kawasan Danau Toba, di Niagara Hotel Parapat, Kec Girsang Sipanganbolon Kab Sinalungun, Sumatera Utara, Kamis (10/06/2021).

"Komunikasi dengan seluruh stakeholder pariwisata di Kawasan Danau Toba harus diintensifkan Sebab, percepatan industri pariwisata harus terus dibahas, dengan begitu perekonomian kembali bergairah," kata Sandiaga Uno.

Baca: Kemenparekraf Gelar Rakor Akselerasi Bersama BPODT dan Kepala Daerah

Sandi mengatakan dalam hal itu harus melibatkan banyak pengambil kebijakan, untuk memiliki sasaran strategis dalam mengakselerasi ekskusi dalam ITMP agar bisa menyiapkan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

"Memiliki infrastruktur dan SDM yang berkualitas dengan membuka peluang kerja, agar mampu menggerakkan roda ekonomi di 8 daerah Kabupaten sekawasan Danau Toba dan Provinsi Sumatera Utara," ujar Sandi.

Pariwisata Danau Toba harus berfokus pada eko tourism yang berkelanjutan dan berkualitas agar pariwisata memiliki dampak yang positif  terhadap pembangunan.

"Kita harus fokus pada destinasi wisata di 8 Kabupaten di Danau Toba berkaitan infrastruktur yang memiliki konektifitas dengan destinasi wisata seputar Danau Toba, penyiapan SDM, Kelengkapan Amenitas dan atraksi (perpaduan pariwisata dengan ekonomi kreatif)." Imbuhnya.

Baca: Sandiaga Dorong Pengembangan Desa Wisata

Konsep pariwisata eko tourism (pariwisata alam), tujuannya agar Danau Toba menjadi Destinasi Wisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk melestarikan alam

Sandi juga mencontohkan dalam pariwisata ramah lingkungan, seperti tersedianya kendaraan elektrik di kawasan Destinasi wisata.

"Berharap di tahun 2030 Danau Toba bisa menjadi destinasi wisata Ramah Lingkungan." ujar Menpar.

Dirut BPODT Jimmy B Panjaitan mengatakan bahwa desain ITMP telah selesai dan rampung, namun harus dilakukan sosialisasi kepada semua stakeholder dan kepala daerah agar semua paham apa peran masing masing dalam mewujudkan ITMP tersebut.

"Terkhusus kepada Bupati dan Pemprov kita akan adakan sosialisasi lagi agar sama sama tau, apa manfaat program ITMP itu sehingga bisa berjalan lancar dan tepat waktu," ujar Jimmy.

Dia juga berjanji akan terus memperkuat hubungan baik dan komunikasi kepada kepala daerah Kabupaten dan Provinsi yang telah berjalan baik selama ini dan lebih komit bersama sama tanpa ego sektoral dan saling terintegrasi. 

Penulis: Kontributor Toba, Feri

Baca: Sandiaga Uno Hadirkan Hotel Kapsul di Kaldera Toba Ajibata