SIANTAR, HETANEWS.com – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMA dan SMK Tahun ajaran 2021-2022 di provinsi Sumatera Utara dibuka hari ini, Senin (7/6/2021). 

Sebagaimana diketahui, PPDB dilaksanakan secara online. Ada empat pilihan jalur seleksi bagi siswa yang mau mendaftar.

Yakni jalur afirmasi atau siswa yang tidak mampu, jalur perpindahan orang tua atau wali (dan juga bagi calon pendaftar dari luar daerah yang bersangkutan dikarenakan orang tuanya yang pindah domisili karena tugas dengan dibuktikan dengan adanya surat tugas 

Kemudian jalur Prestasi yaitu calon siswa yang mempunyai prestasi akademik maupun non akademik dan jalur zonasi dimana siswa yang bertempat tinggal di wilayah zonasi yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Baca: Disdik Simalungun Klaim 100% Data Siswa Penerima Kuota Internet Gratis Sudah Dikirim

Pendaftaran dan seleksi jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua atau wali dan jalur prestasi dilaksanakan 7-9 Juni 2021. Sementara untuk jalur zonasi pendaftarannya dilaksanakan 13-16 Juni 2021.

Untuk SMA Negeri, kuota jalur zonasi sebanyak 60% dari kuota yang siswa yang dibutuhkan sekolah. Sementara  jalur Afirmasi 20%, jalur perpindahan orang tua atau wali 6% dan jalur prestasi 24%. 

Untuk pendaftaran SMK Negeri jalur zonasi 10%, jalur afirmasi 20%, jalur perpindahan orang tua atau wali 6% dan jalur prestasi nilai akademik dan hasil lomba 65%.

Untuk lebih lengkapnya silahkan masuk ke link untuk melakukan pendaftaran https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id/

Baca: Dokumen Milik Disdik Simalungun Hilang, Pegawai Lapor Polisi