TOBA, HETANEWS.com - Sejumlah wisatawan yang hendak menyebrang menggunakan Kapal Motor Penyeberangan [KMP] menuju Pelabuhan di Kabupaten Samosir mengeluh dan kesal karena terlalu lama mengantri di Pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba, Jumat  ( 04/06/2021 )

Hal ini terjadi setelah tragedi tenggelamnya Mobil dari KMP Ihan Batak saat kapal bersandar di pelabuhan Ambarita. 

Pasca peristiwa itu pihak ASDP dan BPTD Wil II Sumut menutup sementara kedua pelabuhan Ajibata dan Ambarita untuk penyelidikan.

Penutupan pelabuhan itu berimbas kepada warga yang hendak menyebrang menuju Kabupaten Samosir. 

Untuk saat ini hanya ada satu unit KMP milik swasta di pelabuhan Ajibata. Antrian panjang kendaraan roda empat dari pelabuhan meluber ke bahu jalan sepanjang pusat kecamatan Ajibata.

Baca: Polisi Selidiki Insiden KMP Ihan Batak di Samosir

M.Sagala, salah satu pengguna jasa penyeberangan yang hendak menghadiri pesta di Kabupaten Samosir harus rela mengantri berjam-jam dan membuat dirinya cukup kecewa dan terpaksa balik kanan menuju pelabuhan Tigaras.

Sementara salah satu wisatawan yang hendak berlibur ke Pulau Samosir sangat menyayangkan kebijakan penutupan sementara Kapal Motor Penyeberangan oleh Pihak terkait.

"Pemberhentian sementara Kapal ASDP ini membuat kita cukup kecewa dan menambah hancurnya Pariwisata Danau Toba,"ujar Acin.

Baca: Ini Hasil Penyelidikan Awal Jatuhnya Mobil di Pelabuhan Ambarita

Warga Kota Medan ini juga menyayangkan kebijakan pemerintah mengapa harus menutup operasional kapal ASDP pada akhir pekan.

"Kalau memang Kapal Motor Penyeberangan Ihan Batak masih dalam proses pemeriksaan pihak Kepolisian, kan masih ada KMP Kaldera Toba yang terparkir dan ini bisa dioperasikan," pintanya.

“Masalah pemeriksaan memang harus diselesaikan dengan baik, agar terungkap apa penyebab kejadian itu, namun pelayanan operasional harus berjalan dengan baik, karena kawasan Danau Toba sudah merupakan Destinasi Pariwisata,"sebutnya

Pihak terkait diminta mengutamakan pelayanan dengan mengoperasikan Kapal Motor Penyeberangan [KMP] Kaldera Toba agar pengunjung tidak terlalu lama mengantri di Pelabuhan Ajibata.

Pihak Korsatpel Toba Rijaya Simarmata membenarkan belum beroperasinya kapal ASDP karena dalam pemeriksaan.

"Belum, pelabuhan masih ditutup dan kapal Ihan Batak masih di garis polisi," ujar Simarmata.

Penulis: Kontributor Toba, Feri

Baca: Pelabuhan ASDP Ajibata-Ambarita Tutup Pasca insiden KMP Ihan Batak