SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Bupati Simalungun mengadakan pertemuan dengan sejumlah pengusaha dan pengelola yang ada di Simalungun terkait Marharoan bolon atau Gotong-royong membangun kabupaten Simalungun di Balei Harungguan Djabanten Damanik Selasa (2/6/2021).

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang bersejarah karena berinteraksi dengan pengusaha yang ada di Simalungun.

"Sambutan luar biasa dilakukan oleh teman-teman pengusaha dan teman-teman pengelola, mereka mendukung program pemerintah dalam hal berhaluan bolon atau Gotong-royong," kata Radiapoh sembari mengatakan bahwa mereka pengusaha sangat antusias dalam hal pertanyaan, interaksi dan juga diskusi.

Disinggung soal perizinan bagi para pengusaha agar tidak terkendala dengan proses pembuatan izin, Kata Radiapoh bahwa mereka akan membuat suatu skimmer.

"Dalam rangkaian perizinan itu ada beberapa hal yang harus dilengkapi, misalnya untuk pelengkapan AMDAL-nya berapa hari, untuk kelengkapan surat izin lain beberapa hari, saya kira soal perizinan ini,harus selesai sekian hari," ucapnya.

Lebih lanjut kata Radiapoh, Ketika ini tidak selesai, harus ada semacam sanksi kepada OPD masing-masing yang tidak menjalankan hal itu, ketika misalnya pemohon yang bermasalah pasti akan terkendala.

Ditanya soal regulasi berhaluan bolon dan manfaatnya bagi masyarakat, RHS mengatakan berhaluan bolon ini dikelola oleh Kepala Nagori dan ini bukan di kelola oleh Pemkab Simalungun.

"Para pejabat seperti Camat adalah koordinator yang mengawasi jalannya proses berhaluan bolon itu dan juga membantu untuk mendatangkan sumber pendanaan dari instansi ataupun dari masyarakat yang sudah berhasil di daerah perantauan," kata RHS,

Ditambahkannya, ketika itu berkolaborasi saya kira program ini untuk layak jalan saja akan segera terbenahi. Artinya kebutuhan masyarakat akan terjawab sedikitnya.