POLANDIA, HETANEWS.com - Bosan dengan larangan perjalanan karena pandemi Covid-19, lalu ingin keluar dan bertemu orang baru? Kota Vilnius di Lituania memiliki solusi menarik yaitu ‘portal waktu' real-time ke kota lain. Mereka benar-benar memikirkan ide dan desainnya, bahkan terlihat seperti sesuatu yang keluar dari serial film petualangan sci-fi militer, Stargate.

Kota itu memasang ‘pintu’ melingkar untuk portal itu dekat stasiun kereta yang menghubungkannya ke portal di Lublin, kota di Polandia yang berjarak sekitar 600 kilometer. Kedua portal itu memiliki layar besar dan jaringan kamera yang menyiarkan gambar real-time antara kedua kota di Lituania dan Polandia—semacam jembatan digital, menurut penciptanya.

Benediktas Gylys, Presiden Yayasan Benediktas Gylys, yang merupakan pemrakarsa ide 'portal waktu' itu menerangkan kalau umat manusia menghadapi banyak tantangan yang berpotensi mematikan, baik polarisasi sosial, perubahan iklim atau masalah ekonomi. Namun, jika melihat lebih dekat, bukan minimnya ilmuwan, aktivis, pemimpin, pengetahuan atau teknologi yang menyebabkan tantangan tersebut.

“Ini adalah kesukuan, kurangnya empati dan persepsi sempit tentang dunia, yang seringkali terbatas pada garis batas negara kita,” ujar dia seperti dikutip The Verge, Minggu, 30 Mei 2021.

Gylys menjelaskan proyek itu adalah jembatan yang menyatukan dan undangan untuk mengatasi prasangka dan ketidaksepakatan yang dimiliki masa lalu. Desain lingkaran dimaksudkan untuk membangkitkan roda waktu, dan simbol sci-fi terkenal, dirancang oleh para insinyur di Pusat Kreativitas dan Inovasi (LinkMenu fabrikas) di Vilnius Gediminas Technical University alias Vilnius Tech.

Dirancang selama lima tahun, proyek 'portal waktu' ini semakin mendapat momen karena selesai tepat kala pandemi Covid-19 masih berlangsung saat ini. Portal ini merupakan proyek bersama dengan Yayasan Benediktas Gylys, Kota Vilnius, Kota Lublin, dan Pusat Persimpangan untuk Inisiatif Kreatif Antarbudaya.

sumber: tempo.co