SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Bupati Simalungun Launching Horja Marharoan Bolon (gotong royong) di Kecamatan Tapian Dolok tepatnya di Huta 3 Bah Sulung Nagori Dolok Maraja,  Kamis 27/05/2021.

Dalam sambutannya,  Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan gerakan marharoan bolon tidak dapat dilaksanakan satu atau dua orang saja akan tetapi harus digerakkan semua unsur masyarakat. 

Untuk itu, kepada para camat untuk menggerakkan potensi yang ada di wilayah kecamatan.  

"Gerakkan potensi yang ada di kecamatan tapian dolok ini pak camat. Saya yakin masyarakat pasti respon dengan situasi seperti ini,"kata Bupati. 

Terkait dengan perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Kabupaten Simalungun Bupati juga mengharapkan agar memberikan kepeduliannya terhadap lingkungan disekitar perusahaan. 

"Banyak perusahaan di Simalungun tapi kondisi jalan sangat memprihatinkan. Ini tidak masuk akal.  Saya minta kepada seluruh perusahaan yang ada di Simalungun untuk berperan aktif dalam pembangunan di daerah ini,"pinta Bupati. 

Kegiatan haroan bolon di Bah Sulung dilaksanakan oleh masyarakat bersama TNI,  Polri,  karyawan perusahaan sekitar dan juga aparatur kecamatan dan nagori dengan kegiatan pengerasan jalan sepanjang 600 Meter, pembersihan drainase, serta penanaman pohon. 

Kegiatan tersebut  sebelumnya telah direncanakan sebagai kegiatan skala prioritas dan dilaksanakan secara berkesinambungan di Kecamatan Tapian Dolok yang mendapat dukungan dari perusahaan sekitar nagori tersebut. 

Material yang digunakan berupa batu padas sebanyak 37 Truk yang bersumber dari swadaya masyarakat. 

Selain itu,  dan secara pribadi Bupati Simalungun membentuk material sebanyak 40 truk batu padas. Sementara itu dari PT Bridgestone & PT Hutama Karya, memberikan bantuan berupa Backhoe Loader.

Hadir di acara launching tersebut antara lain Anggota DPRD Simalungun, sejumlah pimpinan OPD di jajaran Pemkab Simalungun,  Forkopimcam Tapian Dolok,  ASN, para pangulu dan lurah se-Kecamatan Tapian Dolok,  unsur pimpinan PT Bridgestone dan masyarakat. 

Penulis: Kontributor Simalungun Dani Rachdian