SIANTAR, HETANEWS.com - Kejaksaan Negeri Pematangsiantar melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Nixon Lubis SH melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi mantan Dirut Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD PAUS) Kota Pematangsiantar,Herowin TF Sinaga (56), Jumat (28/5) ke Pengadilan Tipikor Medan.

"Berkasnya sudah dilimpahkan, tinggal menunggu penetapan jadwal persidangan," kata Kasi Intel Rendra Yoki Pardede SH kepada wartawan sore itu.

Herowin telah ditahan sejak Selasa (18/5) lalu oleh jaksa terkait dugaan korupsi dana penyertaan modal yang bersumber dari APBD Tahun 2014. Dan berstatus tersangka sejak tahun 2019 lalu. 

Kepada tersangka dijerat dengan pasal 2 ayat (1) ataupun pasal 3 Jo pasal 18 UU RI No 20/2001 tentang perubahan atas UU No 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Saat ini, tersangka masih dititipkan di RTP Polresta Siantar sebagai tahanan jaksa.

"Untuk selanjutnya, status tahanan HS akan ditentukan oleh hakim PN Tipikor Medan setelah dijadwalkan hari persidangannya oleh hakim nantinya," kata Pardede.

Sebagaimana diketahui, dalam pengusutan dugaan korupsi di instansi PD PAUS tersebut memakan waktu cukup panjang sekitar 5 tahun lebih. Tim Pidus juga pernah melakukan penggeledahan di kantor PD PAUS pada 12 Januari 2016. 

Saat itu sejumlah dokumen diambil dan disita oleh jaksa Pidsus. Hingga akhirnya perkara ini siap untuk disidangkan. Selama pemeriksaan, tersangka HS didampingi pengacaranya Dahyar Harahap SH.

Rendra juga menjelaskan jika kerugian yang ditimbulkan akibat perbuatan HS senilai Rp 214 juta, berdasarkan hasil perhitungan BPKP Perwakilan Propinsi Sumut. Dan tersangka belum mengembalikan kerugian tersebut.