SIANTAR, HETANEWS.com - Satgas Covid 19 Kota Siantar memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Perpanjangan PPKM ke-5 ini berlangsung sejak tanggal 18-31 Mei 2021.

Sekretaris Satgas Covid-19 Daniel Siregar melalui keterangan tertulis Diskominfo Siantar, Jumat (21/5) mengatakan, PPKM tersebut tertuang dalam  Surat Edaran Walikota Pematangsiantar Nomor 440/2440/V/2021.

Disamping itu pihaknya juga menindaklanjuti instruksi Mendagri Nomor 11 Tahun 2021 tentang PPKM Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Juga Instruksi Gubsu Nomor 188.54/14/INST/2021 tanggal 17 Mei 2021 tentang PPKM dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara. 

Baca: Sejumlah Cafe di Medan Diminta Patuhi Prokes

Dalam hal ini Satgas Covid 19 telah melakukan sosialisasi ke tempat tempat usaha yang ada di Kota Siantar, melibatkan personil Satpol PP, TNI-Polri, Brimob, dan Denpom.

Pihaknya mengimbau pengusaha untuk membatasi jam operasional hingga pukul 21.00 WIB dan mencegah kerumunan.

Pembatasan ini berlaku kepada jenis usaha club malam, diskotik, pub, karaoke, rumah, tempat Billiard, arena permainan ketangkasan, griya pijat, spa, mandi uap, warung makan, kedai kopi, dan usaha mikro kecil, restoran, rumah makan, serta pusat penjualan.

"Kami berharap penyebaran Covid-19 bisa menurun. Kami juga mengajak seluruh masyarakat agar lebih berpartisipasi aktif melakukan protokol kesehatan dan memahami surat edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah," kata Daniel.

Baca: Hefriansyah Minta Warga Tak Buang Air Besar Sembarangan