HETANEWS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  menggelar vaksinasi bagi para pelaku seni dan budayawan pada Kamis (20/5). Lebih dari 500 pelaku seni dan budayawan yang ada di ibukota memerima vaksin dosis kedua tersebut.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan dirinya bahagia bisa memfasilitasi para pelaku seni dan budayawan. Pasalnya, sektor yang digeluti tersebut sangat terpukul akibat pandemi yang sudah berlangsung lebih dari setahun.

"Kita tahu di masa pandemi ini semua seniman dan budayawan sangat terpukul, industrinya, ekonominya. Ini bukan masa yang mudah bagi mereka dan untuk bisa beraktifitas lagi tentunya kebutuhan untuk bisa merasa aman dalam aktivitas seni dan budaya itu merupakan hal terpenting. Gimana kita mau kreatif kalau gak merasa aman," tutur Nadiem.

"Jadi hari ini adalah hari kebangkitan nasional, 113 tahun Kebangkitan Nasional kita rayakan hari ini. Kenapa kita memilih hai ini karena salah satu bagian terpenting dari kebangkitan kita adalah kebangkitan identitas kita sebagai orang Indonesia," lanjut.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, hadir para budayawan dan para artis nasional. Mereka sudah mengantri sejak siang pukul 13.00 WIB untuk bisa menerima vaksin. Mendikbudristek yang meninjau langsung vaksinasi tersebut bersama Dirjen Kebudayaan memberi semangat.

Nadiem mengatakan vaksinasi dapat membangkitkan optimisme para pelaku seni dan budaya untuk terus berkarya. Nadiem mengatakan para pelaku seni dan budaya merasa lega setelah menerima vaksin.

Mengingat pekerjaan mereka yang harus berinteraksi dengan banyak orang sangat membutuhkan rasa aman dari penyebaran virus. Muhamad Yunus dari Komunitas Wayang Orang Barata mengungkapkan bahwa dirinya sangat semang bisa mendapat kesempatan untuk menerima vaksin.

Selama masa pandemi ini, mereka hanya bisa berkarya secara virtual. Tidak ada pentas seni secara langsung dan tentu hal itu berdampak pada ekonomi mereka.

"Alhamdulilah sangat senang sekali soalnya saya juga pengurus RT di wilayah kan masih nunggu-nunggu begitu. Ada kabar divaksin dari komunitas budaya pelaku seni dan para pelaku budaya, alhamdulilah," tuturnya.

"Ya mudah-mudahan covid segera sirna dari bumi Indonesia dan semua masyatakat bisa beraktifitas kembali seperti sediakala, yang kerja, pelaku seni, semuanya bisa normal," tandasnya.

Sumber: mediaindonesia.com