SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Sejak pemerintah mengeluarkan peraturan larangan mudik lebaran, sejumlah perbatasan dijaga oleh petugas yang terdiri dari Pemda, TNI/Polri, Kejaksaan dan juga tenaga medis. Sebagai langkah pemerintah mencegah klaster baru Covid 19 pasca idul Fitri.

Sejumlah pintu masuk ke wilayah Kabupaten Simalungun dijaga oleh petugas. Pos penyekatan dari arah pelabuhan dan darat. Operasi tersebut berlangsung sejak 6 hingga 17 Mei 2021 di 6 Pos Penyekatan larangan mudik Kabupaten Simalungun.

Sejak itu, Kejaksaan Negeri Simalungun melalui bidang Intelijen melakukan monitoring pelaksanaan pos penyekatan yang ada. Dari 6 Pospam yang ada, Pospam Dermaga Tigaras,

Pospam Simpang Sitahoan Girsang Sipangan Bolon, Pospam Perlanaan, Pospam Seribu Dolok, Pospam Tanah Jawa dan Pospam Simpang Dolok Merangir setidaknya 44 unit roda 4 mobil dan minibus dan belasan sepeda motor disuruh putar balik.

Karena tidak memiliki atau tidak dapat menunjukkan syarat-syarat perjalanan ke luar daerah sebagaimana yang telah ditentukan pemerintah dalam larangan mudik. Juga pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm dan tidak memakai masker disuruh putar arah.

Demikian dijelaskan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Simalungun Ratno Timur Habeahan Pasaribu SH ketika ditanya wartawan, Senin (17/5) di kantornya.

Hingga Pospam berakhir, tidak ada kendaran yang lolos dari penyekatan. Sedangkan volume kendaraan menurun hingga 70-90 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari operasi tersebut, petugas Medis dari Dinas Kesehatan Simalungun juga melakukan swab antigen kepada 7 orang penumpang mobil yang akan melintasi/masuk ke Simalungun. Hasilnya, semua yang di swab negatif Covid-19.

Tim Intel langsung dipimpin Ratno TH Pasaribu SH dibantu beberapa personil dari Kejari Simalungun.

"Giat monitoring di Pospam wilayah hukum Simalungun berjalan aman dan terkendali. Dengan kerjasama semua pihak terkait," kata Ratno.

Semoga pandemi cepat berlalu sehingga kita semua dapat beraktivitas sebagaimana biasanya. Mari secara bersama menjaga diri untuk tetap Prokes guna mencegah penyebaran Covid khususnya di Kabupaten Simalungun, jelasnya. 

Baca juga: Libur Idul Fitri dan kenaikan Isa Almasih, Kota Wisata Parapat Danau Toba Sepi