MEDAN, HETANEWS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua dinas yang berkaitan langsung dengan layanan publik, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Senin (17/5/2021) pagi.

Lokasi pertama yang disidak Bobby adalah Disdukcapil di Jalan Iskandar Muda, Kota Medan. Dia kesana untuk memastikan, layanan administrasi kependudukan berjalan optimal pada hari pertama kerja, usai libur Lebaran Idul Fitri.

"Tadi saya ke sana, di atas jam delapan (pagi). Karena dulu, pada awal-awal, saya datang di bawah jam delapan, alasan belum ada isinya karena belum jam delapan. Tadi (sebagian besar) sudah terisi. Layanan sudah cukup baik," kata Bobby usai sidak.

Menantu Presiden Joko Widodo ini juga menyempatkan diri dengan warga yang hendak mengurus administrasi kependudukan di sana. Dia juga mengecek kesiapan seluruh ASN dalam melayani masyarakat.

Jumpai kursi kosong saat sidak ke Dinas Penanaman Modal

Selanjutnya, Bobby menuju Dinas Penanaman Modal dan PTSP di Jalan AH Nasution. Di sana, dia masih menjumpai adanya kursi-kursi pegawai yang kosong. Dia langsung memerintahkan Kepala DPMPTSP untuk mencatatkan nama-nama ASN yang bolos untuk diserahkan kepadanya.

"Alasannya apapun, hari Senin, hari pertama kerja untuk pelayanan, saya minta untuk diopimalkan. Saya minta namanya dicatat ya Pak," kata Bobby sambil menunjuk Kepala DPMPTSP Kota Medan, Suherman.

Sanksi ke ASN yang bolos

Bobby mewanti-wanti kepala dinas untuk memberi sanksi pegawai yang bolos pada hari pertama kerja ini. Sebab, pelayanan kepada masyarakat harus tetap dioptimalkan. Apalagi, dua dinas tersebut merupakan instansi yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Sumber: kompas.com