SIANTAR, HETANEWS.com - Anggota DPR RI Hinca Panjaitan turut menyampaikan ucapan Hari Buku Nasional atau Harbuknas yang jatuh pada hari ini, Senin 17 Mei 2021.

Sebagaimana diketahui, Harbuknas diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahunnya, setelah ditetapkan pada 2002.

“Saya akan terus berikhtiar untuk terus menulis buku,” tulis Hinca, yang juga  Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Menulis buku bagi Hinca merupakan pertanggungjawaban dirinya sebagai wakil rakyat. Ia juga menulis sebagai seorang Akademisi.

“Ini semua saya lakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban saya sebagai Anggota DPR RI,” katanya.

Penggagas atau tokoh di balik Harbuknas  ini adalah Menteri Pendidikan Nasional era Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar. 

Abdul Malik Fadjar merencanakan 17 Mei menjadi Harbuknas. Rencana itu dilatarbelakangi kondisi bangsa Indonesia yang ketika itu masih lebih banyak mempertahankan tradisi lisan dibanding menjawab tuntutan informasi dengan banyak membaca. 

Dilain sisi Hinca Panjaitan telah menulis 5 buku karya sendiri dan telah diterbitkan. Ia menulis sejak menjabat 2018 lalu.

“Puji Tuhan sudah 5 karya yang sudah terbit sejak saya menjabat Tahun 2018 lalu. Tentu lain lagi yang saya tulis sebagai akademisi. Selamat Hari Buku Nasional,” tutup Hinca.

Baca juga: Hinca Cerita Keadilan Tentang Air Hingga Peran Negara