TOBA, HETANEWS.com - Pos penyekatan larangan mudik dalam operasi Ketupat Toba 2021 berakhir. Kini diperpanjang melalui Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai 18 hingga 24 Mei 2021.

Hal itu merupakan perintah tegas Kapoldasu untuk dilaksanakan diseluruh jajaran wilayah hukum Sumatera Utara.

Demikian di ungkapkan Kapolres Toba Akbp Akala Fikta Jaya, melalui Kasubbag Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir kepada awak media, Senin (17/5/21).

"Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), sama halnya dengan penyekatan larangan mudik lebaran yang akan berakhir hari ini, hal ini bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) dan pemeriksaan kesehatan terhadap warga pelintas yang melakukan perjalanan antar kabupaten maupun antar provinsi," ujar Iptu Bungaran Samosir.

Baca juga: Operasi ketupat 2021 berakhir, Dilanjut Pengendara Swab Antigen

Ia mengatakkan, pemberlakuan KRYD bertujuan untuk mengantisipasi potensi peningkatan penyebaran Covid-19.

Ipda Jepriadi Silaban, menambahkan pemberlakuan KRYD di mulai besok 18 hingga 24 Mei 2021.

"Seluruh petugas penyekatan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Medis dan Dinas perhubungan, dalam kondisi siap siaga melaksanakan tugas." kata Jepriadi Silaban.

Pada kesempatan itu Kapolres Toba Akala Fikta Jaya menghimbau seluruh lapisan masyarakat baik warga Kabupaten Toba maupun yang akan melintasi wilayah tersebut mengikuti dan menaati aturan pemerintah

Hal ini salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid- 19 di Wilayah Toba Khususnya dan Indonesia secara umumnya.

"Kami berharap kerjasama dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama bergandengan tangan berupaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, dan mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," ujar Akala

Penulis: Kontributor Toba, Feri

Baca juga: Polda Sumut Perpanjang Sanksi Putar Balik Kendaraan Hingga 24 Mei