SIANTAR, HETANEWS.com - Birgaldo Sinaga penulis yang menyuarakan tentang kemanusiaan, keadilan, kebebasan berkeyakinan dan masalah sosial politik. Ia juga aktif membantu korban bencana gempa bumi. Ia juga kerap membela orang-orang kecil yang terpinggirkan hidupnya.

Profil singkat Birgaldo Sinaga yang meninggal Karena Covid 19 merupakan staf khusus hubungan antar lembaga Gubernur Kepri dan juga dikenal sebagai aktivis media sosial.

Dia juga mulai aktif di berbagai kegiatan dan organisasi, dan dikenal sejak menjadi kader sebuah partai, mendiang merupakan sosok yang kritis dan vokal menanggapi berbagai isu yang berkembang.

Belakangan juga diketahui bahwa Birgaldo Sinaga berteman baik dengan Denny Siregar, sosok lain yang tentu sudah dikenal publik secara luas.

Birgaldo Sinaga mulai mencuri perhatian publik saat namanya banyak disebut ketika terjadi kasus penistaan agama yang melanda Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Pada masa itu, ia getol menyuarakan agar Ahok tetap mendapatkan perlakuan yang adil dan sama dengan orang lain di mata hukum.

Selain itu, ia juga aktif dalam gerakan relawan dukung Jokowi pada pemilu 2014 lalu, saat kampanye dilakukan secara gencar. Suaranya yang lantang dalam menyuarakan pendapat serta keberaniannya menghadapi lawan yang berargumen berbeda, menjadikan namanya lekas dikenal publik dan sepak terjangnya terus diperhatikan.

Biargaldo Hotmonang Sinaga meninggal dunia di Batam , pukul -.6.00 Sabtu 15 Mei 2021. Kepergiannya itu membawa duka tersendiri bagi eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok sapaan karibnya, menyampaikan bela sungkawa melalui akun instagram pribadinya @basukibtp seraya mengunggah foto Birgaldo yang tengah mengenakan kemeja bermotif kotak-kotak.

“Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas berpulangnya saudara @birgaldo_sinaga,” kata Ahok Sabtu siang di akun istagramnya.

Ahok juga mengucapkan terima kasih kepada Birgaldo yang selama ini telah mendukung segala hal yang dilakukannya. Dia berharap, Tuhan dapat memberikan kekuatan kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Terima kasih atas dukungannya kepada saya selama ini. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan serta penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan. Rest In Peace,” jelasnya.

Sosok Birgaldo Sinaga adalah relawan yang aktif membela Ahok.
Ia bahkan turun ke jalan mengorganisir relawan demonstrasi agar Ahok diperlakukan sama di hadapan hukum. Dokumentasi Birgaldo Sinaga membela Ahok dirangkum menjadi sebuah buku berjudul “Mengapa Aku Membela Ahok”.

Sebelum meninggal, Birgaldo sempat menyampaikan dirinya positif diserang Covid-19 melalui akun Instagram-nya. Dia mengaku sebelum dipastikan Covid-19, mengalami demam tinggi, mual, nyeri linu, pusing dan batuk parah.

Gejala yang dialami Birgaldo Sinaga sendiri cukup parah, mulai dari demam tinggi, hingga batuk darah yang sempat diungkapkannya pada salah satu media sosial yang dikelolanya sendiri. Malang, pada hari ini perjuangannya berakhir dan sakit yang dideritanya diangkat oleh Sang Pencipta.