HETANEWS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung meninjau beberapa titik lokasi banjir kiriman akibat meluapnya Sungai Deli, di antaranya pintu kanal Medan Johor dan pemukiman warga di Medan Maimun yang terjadi Sabtu (15/5) dini hari.

"Sebenarnya (Jumat, 14/5) malam hujan tidak terlalu deras. Tapi ada kiriman dari hulu, sehingga Sungai Deli meluap dan air masuk ke rumah-rumah warga. Tapi ini menjadi tanggung jawab Pemkot Medan," ungkap Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo ini langsung menginstruksikan aparatur kecamatan dan kelurahan yang terdampak banjir membantu warga sekitar yang mengungsi, karena air Sungai Deli menggenangi rumah mereka.

Wali Kota Medan lantas memerintahkan untuk mendirikan dapur umum demi memastikan masyarakat yang mengungsi tersebut tidak kekurangan makanan maupun minuman.

"Kita minta camat, lurah, dan kepling (kepala lingkungan) membantu warga. Jangan sampai ada warga yang tidak makan. Setelah banjir surut nanti, kita juga minta seluruh aparatur gerak cepat membersihkan lingkungan," tegasnya.

Wali Kota juga menegaskan pihaknya akan terus memperkuat kolaborasi antara Pemkot Medan dan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II guna menghambat kirim air dari hulu sungai, terutama di pintu-pintu kanal air.

Di sela-sela peninjauan lokasi banjir kali ini, wali kota menyempatkan diri memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok, dan makanan cepat saji kepada warga yang mengungsi.

"Dari awal, kita telah berkolaborasi dengan BWS. Ke depan kita akan terus perkuat, agar semakin maksimal mencegah banjir kiriman dari hulu," terang Bobby.

Sumber: ANTARA