SIANTAR, HETANEWS.com - Polres Siantar meringkus 9 orang pria terduga pengedar dan pengguna narkotika sabu sabu. Penangkapan para tersangka dilakukan oleh personil Sat Narkoba Polres Sintar.

Kepala Sub Bagian Humas, Polres Siantar Iptu Rusdi Ahya dalam keterangannya, Jumat (14/5/2021) mengatakan, 9 orang pria ditangkap dari lokasi dan waktu yang berbeda. Penangkapan dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat.

Penangkapan pertama dilakukan pada Selasa 11 Mei 2021 sekira pukul 16.00 Wib di Jalan  Merdeka Kelurahan Dwikora Kecamatan Siantar Barat.

Polisi menyergap seorang pria yang berlari menuju kamar mandi rumahnya dengan gelagat mencurigakan. Polisi mengejar dan berhasil menangkap seorang laki-laki inisial A (58).

Setelah diinterogasi A mengaku menyimpan sabu miliknya  di dalam dompet disimpan di lemari ruang makan. Didapati sabu bruto 1,41 gram. Saat diinterogasi A mengaku membeli narkotika dari pria inisial J (39).

Malam sekitar pukul 11 Mei 2021, pukul 23.00 WIB Polisi berhasil meringkus J dari kediamannya Jalan Bah Kapul  Kelurahan Sigulang-gulang, Siantar Utara. 

“Dari celana belakang sebelah kiri J ditemukan uang penjualan narkotika sebesar Rp. 900.000,” katanya.

Masih kata Rusdi, polisi melakukan penangkapan pada Selasa 11 Mei 2021 sekitar pukul 17.00 WIB di salah satu rumah kosong di Tozai Baru, Jalan Viyata Yudha, Kelurahan Bah Kapul, Siantar Sitalasari.

Dari tempat tersebut, 4 orang pria diantaranya N (30), ES (22), R (22) dan A (37) digberek sedang memakai sabu. Polisi memboyong keempat orang  bersama barang bukti, diduga alat isap sabu dan pipa kaca berisi sabu bruto 1.50 gram.

Pada hari yang sama, Jumat sore sekitar pukul 17.30 WIB personil Sat Narkoba menangkap H (35) dari salah perumahan di Tozai Baru Jalan Viyata Yudha, Kelurahan Bah Kapul, Siantar Sitalasari.

Dari tangan kiri H terjatuh 1 paket sabu bruto 0.41 gram. Kepada polisi H mengaku barang itu miliknya.

Rusdi mengatakan, esoknya Rabu 12 Mei 2021, sekira pukul 00.10 Wib, personil Sat Narkoba memburu seorang pria yang diduga sering menjual narkoba di komplek salah satu sekolah di Jalan Mawar Kelurahan  Simarito Kecamatan Siantar Barat

“Personil sat Narkoba berangkat untuk melakukan penyelidikan ke alamat yang di informasikan, setibanya di lokasi, personel  melihat seorang laki-laki yang dicurigai,” jelas Rusdi.

Setelah ditangkap, pria itu diketahui berinisial R (21) dan mengaku paket sabu bruto 0.41 gram adalah miliknya.  

Pada hari yang sama sekitar pukul  02.30 Wib, polisi kemudian meringkus B (22) di Jalan Bola Kaki, Kelurahan Banjar, Siantar Barat. Pria tersebut mengaku menyimpan sabu di kamar hotel di Jalan Perintis Kemerdekaan Timbang Galung.

B menunjukkan di bawah kasur kamarnya 1 buah kotak tisu yang didalamnya ada 7 paket sabu bruto 4,2 gram dan 1 unit timbangan digital. 

“Saat dipertanyakan kepemilikan narkotika jenis sabu yang ditemukan tersebut, B mengaku bahwa narkotika miliknya yang di dapat dari temannya berinisial BD. Saat ini masih dilakukan penyelidikan terhadap BD,” tutup Rusdi.
 

Baca juga: Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Besok, Bagaimana Nasib Akun Mu?