SIANTAR, HETANEWS.com - Ramadhan bulan penuh berkah dan ampunan bagi ummat Islam, karena Allah melipat gandakan setiap amalan ibadah ummatnya, juga menjadi berkah bagi sebagian pedagang musiman.

Terlihat banyaknya pedagang musiman dengan membuka warung Ramadhan (Wardhan), menghasilkan rezeky setiap tahun di menjadi khas pedagang di bulan Ramadhan.

Pedagang menjual makanan dan minuman apa saja untuk disantap saat berbuka puasa. Berbagai aneka jenis takjil dijajakan di Wardhan, dengan harga terjangkau dan relatif murah. Mulai dari lauk pauk, aneka kue, minuman segar dan buah buahan.

Seperti di Kota Siantar, pedagang musiman ini mengaku berkah jualan saat bulan Ramadhan. Karena konsumen/pembeli bukan hanya mereka yang akan berbuka puasa saja. Tak cuma itu, non muslim juga berburu makanan di berbagai warung Ramadhan.

Seperti dikatakan Ibu Salbiah yang membuka Wardhan hanya pada bulan Ramadhan saja. Kesehariannya hanya sebagai ibu rumah tangga atau menerima pesanan cathering.

"Alhamdulillah jualan di bulan Ramadhan, insyaallah berkah. Jualannya gak lama lama, mulai jam 3 hingga pukul 19.00 wib saja," katanya ketika ditanya hetanews, Jumat (14/5) siang.

Hanya saja menurut ibu Salbiah, jika Ramadhan 1442 H/2021 tidak seperti Ramadhan sebelumnya. Lebih banyak pedagang Wardhan dan sering musim hujan. Meski demikian tetap selalu bersyukur, katanya. 

Kini Ramadhan telah usai, semua warung musiman pun telah berakhir. Semoga dapat bertemu lagi di Ramadhan berikutnya. 

Baca juga: Jalan Menuju Parapat Kembali Normal