SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Badan jalan yang tertimpa meterial longsor di Dusun Sualan, Nagori Sibaganding, Kamis (13/5) kemarin, kini dapat dilalui kendaraan bermotor dua arah. 

Dari laporan dil lokasi, Jumat (14/5/2021) siang,  jalan lintas Kota Siantar- Parapat itu kini masih digenangi air yang mengalir dari perbukitan. 

Namun material longsor batu dan lumpur yang menumpuk menutup jalan sudah dibersihkan menggunakan alat berat. Jalan dari dua arah berlawan dapat dilintasi.

Arus lalu lintas kembali normal dari pukul 23.00 WIB Rabu malam kemarin. “Jalan ini masih licin, jadi harus hati hati,” kata penduduk sekitar.

Diketahui sebelumnya, arus lalu lintas sempat lumpuh total saat longsor melanda, Kamis (13/5) sore sekitar pukul 16.00 WIB.  Arus lalu lintas terpaksa dialihkan.

Sejumlah warga yang bermukim di Dusun Sualan Nagori Sibaganding terpaksa mengungsi lantaran rumah mereka terkena material longsor.

Sementara belasan rumah tersapu banjir dan lumpur di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Anggarajim Kelurahan Parapat. 

Sumber banjir diketahui dari sungai Batu Gaga yang meluap karena volume air yang terlalu besar tak mampu menampung air dari perbukitan Bangun Dolok wilayah Hutan Sibatu Loting.

Baca juga: Banjir dan Longsor Melanda Parapat Sekitarnya, Arus Lalin Dialihkan