HETANEWS.com - PT Kereta Api Indonesia Divre 1 Sumatera Utara memperketat pemeriksaan surat keterangan perjalanan antar kota bagi penumpang satu hari jelang Lebaran Idul Fitri 1442 hijriah atau 2021 masehi.

Manajer Humas KAI Divre I Sumatera Utara, Mahendro Trang Bawono di Medan, Rabu (12/5/2021) mengatakan, pihaknya tidak menoleransi apapun alasan calon penumpang yang ingin berangkat jika tidak memenuhi sejumlah syarat yang sudah ditentukan.

Syarat tersebut yaitu surat keterangan negatif dari COVID-19 atau minimal surat tes antigen, kemudian calon penumpang juga diwajibkan menyertakan surat keterangan perjalanan kerja dari instansi atau  perusahaan terkait jika kebutuhannya untuk  melaksanakan kerja.

Selain itu khusus bagi masyarakat yang memiliki keperluan mendesak seperti menjenguk keluarga sakit,  atau melayat meninggal, pihaknya juga memperbolehkan dengan syarat menyertakan surat keterangan dari lurah.

Sementara selama masa peniadaan mudik, per hari pihaknya hanya menyediakan masing-masing satu perjalanan bolak-balik untuk jarak menengah dan jauh.

Yakni mulai dari Kota Medan ke Pematangsiantar sampai Kota Tanjung Balai menggunakan Kereta Putri Deli.

Sedangkan untuk perjalanan jarak dekat dari Medan ke Kota Binjai, pihaknya menyediakan 9 perjalanan bolak-balik dalam satu hari.

"Selama melakukan perjalanan, kami juga selalu mengimbau para penumpang untuk selalu menjalankan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat," katanya.

Sumber: Antara

Baca juga: Dalam Tempo Sepekan Ratusan Kendaraan Dipulangkan