HETANEWS.com - Masyarakat dan akademisi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Danau Toba (AMPDT) menaruh harapan besar kepada Dirut BPODT yang baru Jimmy Bernando Panjaitan (JBP), agar memiliki langkah konkrit memajukan Pariwisata Danau Toba.

Harapan itu disampaikan Rico Nainggolan dan rekannya dari perwakilan Masyarakat yang tergabung dalam AMPDT saat menggelar audiensi serta silaturahmi di kantor BPODT Jl. Kapten Patimura No.125, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (06/05/2021).

Rico mengatakan, Acara Audiensi dan ramah tamah langsung diterima oleh Dirut BPODT yang baru, dan mereka berkesempatan meminta agar JBP lebih bersahabat dan ramah terhadap masyarakat serta selalu transparansi terkait visi dan misi BPODT kedepannya.

"Kami juga meminta Dirut yang baru untuk tidak arogan dan selalu melibatkan warga lokal khususnya pemuda/mahasiswa yang berkompeten dan kreatif di bidang terkait, untuk bersama memajukan Danau Toba," Ungkap Rico.

Fungsi dan tugas BPODT sebagai otoritatif dan koordinatif sesuai Perpres 49/2016 didalamnya terdapat rincian dan tata kerja Dirut BPODT, namun rincian itu merupakan urusan internal, hal ini disampaikan JBP kepada AMPDT saat audiensi.

Selanjutnya kepada BPODT diharapkan agar melibatkan seluruh stakeholder (Pemerintah, Swasta dan Masyarakat) sehingga terjalin simbiosis mutualisme seperti memperbanyak sosialisasi kepariwisataan agar masyarakat lokal mengenal dan merasakan manfaat pariwisata.

"Kita akan tunggu gebrakan 100 hari kerja Dirut, apa langkah konkritnya, maka sebagai masyarakat Danau Toba, maka kita siap dan berhak mengkritisi kalau kedepannya tidak sesuai dengan harapan masyarakat," ujar Rico menutup pembicaraan kepada awak media. 

Penulis: Kontributor Toba, Feri

Baca juga: Harapan Serta Dukungan Kepada Jimmy Bernardo