SIANTAR, HETANEWS.com - 1CAK adalah situs hiburan yang menyediakan gambar dan video yang diunggah penggunanya. Situs ini juga dikenal sebagai penyedia hiburan lewat meme internet. Layaknya situs-situs hiburan lain, seperti Digg, 9GAG, Pinterest, Facebook dan reddit, pengguna 1CAK dapat memilih dan mengomentari gambar. Gambar yang sedang populer muncul di situs web utama.

1CAK didirikan oleh Aji Ramadhan pada 17 Februari 2012 dengan nama 1CUK. Situs ini terinspirasi dari 9GAG, sebuah situs hiburan dan media sosial sejenis yang berbahasa Inggris dan didirikan tahun 2008. Meskipun demikian, situs ini tidak persis 9GAG, bahkan ada meme lokal Indonesia yang digunakan. Aji merasa nama domainnya (1CUK) dapat dibaca 'wancuk' (one-cuk), mirip jancuk, suatu ungkapan kasar dalam bahasa Jawa. Maka dari itu, ia menggantinya menjadi 1CAK sejak 30 September 2012. Sejauh ini, 1CAK hanya menggunakan Google Adsense dan Tribal Fusion untuk menghidupi keuangan situs.1CAK juga sudah merilis aplikasi mobile-nya untuk Android yang bisa diunduh di Google Play.

Penggunaan

Pengguna 1CAK cukup hanya membuka situs webnya dan media visual (sering disebut "postingan") akan tampil dan cukup dengan menggulirkan halaman ke bawah. Setiap postingan dapat dinilai dan dapat diberi komentar. Bagi yang sudah terdaftar, dapat ikut membagikan postingannya.

NSFW (Not Safe For Work)

1CAK memiliki restriksi umur terhadap postingan yang bertandakan NSFW (not safe for work, bahasa Indonesia: tidak aman untuk kerja) yang dapat diartikan sebagai postingan yang tidak ditunjukkan bagi anak di bawah umur karena kemungkinan dalam media visual tersebut terkandung unsur pelecehan seksual atau unsur kekerasan. Untuk melihat isi dari postingan yang tersensor oleh tanda NSFW, para pengguna atau para pengunjung 1CAK harus log in terlebih dahulu. Untuk menjadi anggota di 1CAK, berkomentar, dan menyukai media visual yang ada, cukup log in dengan menggunakan akun Facebook atau sign up menggunakan alamat e-mail.

Aji Ramadhan bukanlah nama aslinya. Itu hanya nama di dunia maya. Aji Ramadhan lahir di Sragen, Jawa Tengah, 27 Mei 1985, nama asli Aji Ramadhan adalah R Aji Kaloko.

"ONE place for something koCAK," ungkap Aji, coba mengartikan kata 1Cak.

Setelah berganti nama, pengguna 1cak bertanya-tanya mengapa diganti. Aji berkisah, pergantian nama dari 1Cuk ke 1Cak dipakai para pengguna sebagai bahan percakapan rayuan gombal sepasang kekasih di kalangan anak muda, seperti demikian:

Cowok: 1Cuk...

Cewek: Apa itu, Bang?

Cowok: Satu cinta untuk kamu

Lalu si cewek membalas rayuan gombalnya dengan mengatakan:Cewek: 1Cak...

Cowok: Apa tuh?

Cewek: Satu cintamu akan kujaga

Inilah salah satu konten di 1Cak, yang menghadirkan canda sesuai selera orang Indonesia. 1Cak menerapkan sistem user generated content, yang seluruh kontennya merupakan hasilkarya dari para pengguna/user.

Pengguna dapat mengunggah gambar atau video, yang ditambah teks untuk mendukung menyampaikan pesan kocaknya. Kemudian, pengguna lain bisa mendukung dengan mengeklik tombol "Fun" atau "Nuf" untuk konten yang dianggap menghibur/kurang menghibur.

"Motivasi utama 1Cak adalah bisa menghibur dan memberi tempat untuk berkreasi," ujar Aji Ramadhan yang bekerja di bagian TI di Institut Teknologi Telkom, Bandung.

Di 1Cak, pengguna yang tidak cukup mahir menggambar atau yang tak mahir mengolah gambar di komputer bisa tetap berkreasi dan mengunggah karya. "Di 1Cak banyak gambar orat-oretan yang biasa disebut rage comic, atau meme, yang tak memerlukan keahlian menggambar. Yang penting adalah ide yang segar dan menghibur."

Popularitas fun site seperti 1Cak terus menyedot perhatian publik. Setiap harinya, 1Cak bisa dikunjungi oleh 40.000 pengunjung, dengan 160.000 page view per hari. Aji berharap, trafik tersebut bisa meningkat lebih dari 150 persen pada akhir tahun 2012.

Untuk meningkatkan trafik, Aji mempromosikan 1Cak melalui Facebook dan Twitter. Namun diakui Aji, peningkatan trafik yang paling besar datang dari pengguna yang sukarela membagi konten menarik ke jejaring sosial sehingga terus mengundang pengunjung baru bagi 1Cak.

Untuk bergabung di 1CAK, Anda cukup menggunakan akun Facebook. Caranya pun mudah, Anda tinggal klik "Login with Facebook" yang terletak di pojok kanan atas situs tersebut. Anda juga dapat menggunakan berbagai keyboard shortcut layaknya 9GAG. Namun, saat ini baru terdapat 3 keyboard shortcut di 1CAK, yaitu J untuk menampilkan 1CAK di bawahnya, K untuk menampilkan 1CAK yang berada di atasnya (bila sudah ter-scroll ke bawah, tetapi Anda ingin melihatnya lagi), dan L untuk mem-vote 1CAK terfavorit Anda.

Memang, tampilan 1CAK hampir mirip dengan 9GAG. Namun, sesuai dengan teori marketing ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), hal ini lumrah, dan sering ditemukan di mana-mana. Terpenting ialah bagaimana konten yang ditampilkan tidak sama persis dengan 9GAG, dan lebih banyak menggunakan berbagai konten lokal. 1CAK juga menampilkan meme hasil kreatifitas sendiri.