SIANTAR, HETANEWS.com - Satlantas Polres Pematangsiantar dan Dinas Perhubungan menggagalkan operasi Taksi Gelap. Sedikitnya 4 mobil kendaraan roda empat plat hitam diberi sanksi tilang. 

Kepala Satuan Lalu lintas AKP Muhammad Hasan mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan turun ke lokasi ngetem Taksi Gelap di Jalan Sisingamangaraja eks terminal bus Sukadame di Kecamatan Siantar Utara, Jumat (7/5/2021) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

"Dari hasil pemantauan di lapangan, beberapa mobil pribadi jenis Avanza, Xenia dan Terios  diduga digunakan untuk taxi gelap. Memanfaatkan aturan pemerintah larangan angkutan umum beroperasi jelang Lebaran," kata Hasan.

Pihaknya melakukan pemeriksaan dokumen sejumlah kendaraan bermotor yang sedang menunggu penumpang parkir di tepi jalan. Hasil pemeriksaan, sedikitnya 4 kendaraan yang tidak mempunyai surat lengkap diberi sanksi tilang. 

"Empat mobil ditilang karena tidak lengkap surat surat kendaraan," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, kata Hasan, pihaknya juga mengimbau para sopir Taksi Gelap untuk tidak beroperasi, saat pelarangan mudik lebaran yang berlangsung 6-17 Mei 2021. 

"Kami mewajibkan kendaraan roda empat pribadi yang bawa penumpang untuk menurunkan penumpang dan berbalik arah. Serta tidak melanjutkan perjalanannya," pungkasnya.

Untuk mengantisipasi Taksi Gelap kembali beroperasi secara diam diam, Polisi Lalu Lintas akan terus melakukan pemantauan ke lokasi tersebut.

"Pemantauan ini akan terus kita lakukan. Jadwalnya misalnya bisa pagi, siang atau sore," kata AKP Hasan mengakhiri.

Sebelumnya, larangan operasi Bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) selama larangan Mudik di Kota Pematangsiantar dimanfaatkan para Sopir Taksi Gelap. 

Sejumlah mobil pribadi membawa penumpang  bepergian ke luar kota  khususnya jurusan Kota Medan. Mobil ngetem dan menaikkan penumpang dari Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Siantar Utara. 

Lokasi itu merupakan bekas Terminal pemberhentian Bus dan loket berbagai bus tujuan luar Kota Pematangsiantar.

Baca juga: Hari Pertama Penyekatan di Simpang Dua, Empat Kendaraan Dipaksa Putar Balik