SIANTAR, HETANEWS.com - Wali Kota Hefriansyah dikabarkan akan melantik sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Siantar. Pelantikan tersebut akan digelar besok, Rabu 5 Mei 2021. 

Kabar itu disampaikan salah seorang sumber Hetanews pada, Selasa (4/5) malam. Belum diketahui berapa orang yang akan dilantik. Namun diantaranya pejabat eselon 2 dan eselon 4.

Wali Kota Hefriansyah merupakan pejabat pembina kepegawaian di lingkungan Pemko Siantar. Melalui pelantikan, Sumber internal ini mengkhawatirkan akan terjadi perubahan formasi. 

Adapun yang melatarbelakangi pelantikan disebut dari surat Mendagri kepada Wali Kota. Surat itu memerintahkan agar dilakukan pelantikan jabatan sekretaris di salah satu Badan.

"Informasinya ada beberapa SKPD Siantar yang terimbas gara-gara itu," ungkapnya. 

Kendati demikian Hetanews masih menunggu konfirmasi dari pihak yang berwewenang.

Kebijakan 

Isu perubahan formasi di lingkungan Pemko Siantar selalu ditandai dengan proses pelantikan. Tak jarang Hefriansyah disorot lantaran kebijakannya melakukan pergantian jabatan bawahannya.

Baca: Abaikan Surat Dirjen, Walikota Hefriansyah Mutasi 3 Pejabat Disdukcapil

Walikota sebagai pejabat pembina kepegawaian [PPK] diketahui pernah memberhentikan 5 ASN di lingkungan Pemko Pematangsiantar. 

Pemberhentian tersebut diduga melanggar sistem merit dan KASN memberikan rekomendasi, menempatkan Leonardo Simanjuntak di jabatan sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi, sesuai dengan peraturan Menpan-RB No 15 Tahun 2019.

Kemudian  Mangapul Sitanggang, Corry Arminsya Purba, Ali Hasan Siregar, Ferdinand Adhiarta Pasaribu ke jabatan semula atau setara dengan memperhatikan peraturan perundangan undangan.

KASN sebelumnya menerima laporan pengaduan adanya dugaan pelanggaran sistim merit. Sesuai dengan kewenangannya, KASN telah melakukan analisis dan klarifikasi pada pihak terkait.

Rekomendasi KASN No: B-5 22/KASN/2/2020 tertanggal 18 Januari 2020, ditujukan kepada Walikota Pematangsiantar Hefriansyah. 

Baca: Deretan Kedudukan Pejabat tidak defenitif di Lingkungan Pemko Siantar