SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke Puskesmas Parapat dan RSU Parapat. Sayangnya Kepala Puskesmas [Kapus] Parapat dan Dirut RSU Parapat tidak ada ditempat.

Radiapoh datang bersama Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, meninjau ruangan dan berkeliling di gedung Puskesmas, Selasa (4/5/2021).

Kepada Radiapoh, salah seorang pegawai melaporkan jika atasannya sedang berada di luar. Begitu juga disampaikan bahwa kepala RSUD Parapat juga sedang berada diluar.

Baca: Peserta Sosialisasi Vaksinasi Diminta SPT Baru Dapat 'Uang Duduk'

Para pegawai melaporkan Puskesmas kekurangan dokter spesialis. Kondisi serupa, kata pegawai, sama halnya dengan RSUD Parapat. Disebutkan dokter spesialis di RSUD  Parapat ada 7 orang diantaranya 2 ASN, dan 5 PTT.

"Saya merasa miris dengan kurangnya tenaga kesehatan di lokasi pelayanan rumah sakit, apalagi di daerah tujuan wisata seperti ini," ungkap Bupati.

Merespon laporan itu, Radiapoh mengaku akan mencari solusi untuk menambah jumlah dokter dan dokter spesialis di setiap Puskesmas di Kabupaten Simalungun.

"Mungkin salah satu solusi para dokter umum di sekolahkan menjadi dokter spesialis, dengan menjalin kerjasama dengan fakultas kedokteran universitas yang ada di Sumut," katanya.

Radiapoh juga berpesan kepada para pegawai dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Penulis: Kontributor Simalungun, Dani Rachdian

Baca juga: Radiapoh Pinjamkan 2 Mobil Ke BPN Untuk Ukur 150 Bidang Tanah