SIANTAR, HETANEWS.com - Bulan Ramadhan tahun 2021 ini masih diselimuti wabah virus Corona atau Covid-19. Alhasil, pemerintah masih mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Hal ini perlu masyarakat lakukan guna memutuskan penyebaran virus dan kasus Covid-19 bisa menuru.

Namun, himbauan pemerintah tersebut sudah mengalami kelonggaran beberapa belakangan ini. Aktivitas masyarakat di luar rumah sudah kembali normal, asalkan mematuhi protokol kesehatan. Apalagi, ketika memasuki bulan Ramadhan, kegiatan ngabuburit di luar rumah sudah membuat jalan menjadi macet. Ada yang berburu takjil, ada pula yang hanya sekedar jalan-jalan sore.

Meski begitu, tetaplah berada di luar rumah, jalan-jalan atau beli takjil di kerumunan sangat berisiko terkena paparan virus Covid-19. Untuk itu, berada di rumah saja menjadi pilihan yang tepat. Bahkan, ada bisa ngabuburit di rumah saja dengan melakukan beberapa kegiatan yang seru dan menyasikan.

1. Tadarusan

Pada umumnya selain menjalankan puasa penuh hingga 30 hari, umat islam juga melengkapi ibadahnya dengan mengkhatamkan kitab suci agama Islam, yaitu Al-Qur-an. Mengaji atau tadarusan bareng bersama keluarga juga bisa dijadikan sebagai ngabuburit. Jika tadarusan dilakukan dengan rutin setiap harinya, maka 30 jus bisa diselesaikan dalam waktu 30 hari.

2. Menonton Ceramah

Agar ilmu agama kamu dan keluarga terus bertambah, tak ada salahnya isi ngabuburit dengan menonton ceramah di stasiun televisi. Di setiap bulan Ramadhan, hampir semua stasiun televisi di Indonesia menyuguhkan siaran ceramah yang diisi oleh para ustadz atau ustadzah ternama di Indonesia.

Selain itu, saat ini banyak ustadz dan ustadzah yang sengaja membuat channel Youtube untuk membagikan ilmu agama Islam. Kamu dan keluarga hanya tinggal mencari nama ustadz dan ustadzah atau mencari topik Islam yang diinginkan.

3. Olahraga Bersama di Rumah

Jika biasanya kamu dan keluarga melakukan olahraga jogging atau jalan santai keliling komplek rumah, untuk kali ini lakukan ngabuburit olahraga di rumah saja. Banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan bersama, mulai dari yoga, peregangan tubuh, aerobik dan lainnya.

4. Masak Menu Buka Puasa

Daripada beli menu masakan untuk buka puasa di luar rumah, mendingan masak sendiri bersama keluarga. Tak hanya membuat ngabuburit menjadi lebih seru, tapi masak sendiri juga lebih terjamin kebersihannya dan tentunya rasanya juga lebih lezat.

Banyak menu pilihan yang cocok untuk buka puasa, mulai dari kolak, sayur tumisan atau berkuah, lauk-pauk hingga membuat minuman segar.

5. Membuat Camilan Kekinian

Bagi yang belum mengantuk setelah sholat tarawih di rumah, biasanya kamu dan keluarga akan menonton serial tv bersama dan ditemani dengan camilan-camilan kekinian. Nah, camilan ini bisa dibuat saat sore hari sebagai kegiatan ngabuburit.

Banyak ragam camilan kekinian yang bisa kamu buat tentunya dengan bahan-bahan yang sederhana, misalnya pie susu, mini risol, martabak mini, pudding oreo, kripik kentang, agar-agar buah, tahu isi bakso, dan masih banyak lainnya.