HETANEWS.Penjualan kelapa muda selama Ramadan di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, laris manis seiring tingginya permintaan dari masyarakat untuk berbuka puasa.

Sazali (35) salah seorang penjual kelapa muda di Deliserdang, Kamis (29/4), mengatakan, selama Ramadan kali ini setiap harinya ia bisa menjual 100-150 butir kelapa muda dengan berbagai ukuran.

Tentunya hal itu berbeda dengan hari biasa di luar Ramadan yang per harinya ia hanya menjual rata-rata 25-50 kelapa muda.

"Ramadan memang benar-benar berkah. Lihatlah setiap sore banyak penjual takjil dan semuanya laris termasuk kelapa muda yang saja jual ini," kata ayah tiga anak ini.

Ia menyebutkan kelapa muda yang ia jual tersebut di pasok dari beberapa daerah di Sumatera Utara seperti Serdang Bedagai, Batubara, Langkat dan lainnya.

"Dua hari sekali pemasok datang membawa kelapa yang baru. Kalau yang ukuran besar saya jual Rp12 ribu kalau yang ukuran sedang Rp10 ribu. Alhamdulillah semoga semuanya lancar," katanya.

Kelapa muda memang menjadi salah satu minuman favorit saat berbuka puasa, Bahan dasar buah kelapa ini juga diciptakan bermacam olahan seperti dicampur susu, gula merah, sirup dan dilengkapi dengan es batu.

Thariq, salah seorang warga Deliserdang mengatakan, paling tidak dua hari sekali ia membeli dua buah kelapa muda untuk berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

"Banyak variasi yang bisa diolah dari kelapa muda ini, Bisa pakai sirup, atau gula merah. Yang jelas selain segar saat berbuka puasa, kelapa muda juga dijamin lebih sehat," katanya.

Sumber: Antara