JAKARTA, HETANEWS.com - Partai Demokrat berkomentar soal dua kepala daerah yang diusungnya di Jawa Timur (Jatim) yang menemani kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. DPP Partai Demokrat bercerita soal kedekatan Anies dengan Partai Demokrat.

"Kami bisa memaklumi jika kemudian dikait-kaitkan dengan Partai Demokrat karena kenyataannya memang demikian, banyak Kepala Daerah di Jawa Timur yang diusung Partai Demokrat. Apalagi secara formal, Partai Demokrat adalah panggung pertama bagi Mas Anies masuk ke pentas politik kala menjadi peserta Konvensi Capres Partai Partai Demokrat pada 2013 yang lalu. Jadi ada kedekatan historis," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, saat dihubungi, Minggu (25/4/2021).

Namun, menurutnya, terlalu jauh jika dikatikan dengan Pilpres 2024. PD disebut Kamhar sedang tidak fokus membahas Pemilu 2024.

"Namun jika dikait-kaitkan dengan agenda politik 2024, itu terlalu jauh. Partai Demokrat saat ini tengah fokus membantu rakyat mengatasi kesusahan akibat krisis kesehatan dan krisis ekonomi," katanya.

Kamhar pun bercerita Ketua Umum PD Agus Harumurti Yudhoyono (AHY) tengah melakukan safari ke bebagai daerah untuk menyerap aspirasi dari akar rumput. Termasuk soal mengusung kadernya sendiri untuk tampil di Pemilu 2024.

"Sesuai dengan aspirasi kader, Partai Demokrat terus berikhtiar untuk mampu mengusung kader terbaiknya tampil pada 2024 nanti. Berdasarkan pengalaman dua kali Pemilu terakhir, Partai Demokrat berkepentingan untuk memastikan kader terbaiknya mendapatkan tempat agar memperoleh efek ekor jas. Semua partai yang memiliki kader-kader potensial sangat berkepentingan untuk ini," ujarnya.

Diketahui, Anies Baswedan mengunjungi Kota Madiun dan Kabupaten Ngawi, Minggu (25/4/2021). Kedatangan Anies untuk MoU ketahanan pangan beras dengan Pemkab Ngawi.

Meski begitu, kedatangan Anies diduga berbau safari politik untuk Pilpres 2024. Anies bertemu dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Keduanya masuk dalam berbagai survei elektabilitas calon untuk Pilpres 2024.

Selain Khofifah, selama di Jatim, Anies juga didampingi Wali Kota Madiun Maidi dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, serta Wabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko. Dua kepala daerah di Kota Madiun dan Ngawi tersebut, diusung Partai Demokrat saat Pilkada.

Maidi diketahui memiliki kedekatan dengan Partai Demokrat, meski dirinya juga disebut kader PDIP. Momen keakraban Anies dengan Maidi juga tampak saat berada di halaman Balai Kota Madiun.

Sedangkan Ony Anwar Harsono-Dwi Rianto Jatmiko, diusung Demokrat saat Pilkada Serentak 2020. Ony-Rianto saat itu menghadapi kotak kosong.

Baca juga: Presiden PKS Temui AHY, Bahas COVID-19 hingga Pemberantasan Korupsi

sumber: detik.com