HETANEWS.com - Pelajar di sekolah negeri di Indonesia punya keunikan, karena warna seragam berubah seiring semakin tingginya tingkat pendidikan.

Anak SD seragamnya warna putih dan merah, SMP putih dan biru tua, sementara SMA putih dan abu-abu. Diterbitkan kumparan.com

Ternyata di balik ketiga warna itu ada arti dan makna filosofis yang bikin bangga jadi pelajar, lho! Kira-kira apa, ya?

  • Arti Warna Seragam Sekolah
Arti Warna Seragam SD, SMP, dan SMA, Bikin Bangga Jadi Pelajar! (1)
Seorang siswa SD dengan masker di wajahnya berjalan meninggalkan sekolah usai melakukan pendaftaran ulang pada hari pertama sekolah di Jayapura, Papua. 

Warna merah di seragam SD ternyata artinya adalah antusiasme dan semangat yang tinggi.

Karakter anak SD yang usianya sekitar 6-12 tahun adalah ceria dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Oleh karena itu, warna merah melambangkan semangat rasa ingin tahu mereka.

Arti Warna Seragam SD, SMP, dan SMA, Bikin Bangga Jadi Pelajar! (2)
Siswa SMP Negeri 6 Jayapura dengan masker di wajahnya berjalan meninggalkan sekolah usai melakukan pendaftaran ulang pada hari pertama sekolah di Jayapura. 

Untuk SMP, warna biru tua dipilih karena simbol dari sifat percaya diri dan mandiri. Di tingkat ini, para siswa telah memasuki usia remaja. Mereka mulai bisa mengekspresikan dirinya dengan baik.

Selain itu, mereka juga mulai dilatih untuk mandiri. Enggak seperti anak SD lagi, pelajar SMP didorong untuk enggak lagi bergantung pada orang lain alias enggak boleh manja.

Arti Warna Seragam SD, SMP, dan SMA, Bikin Bangga Jadi Pelajar! (3)
Ilustrasi pelajar SMA. Foto: Shutter Stock

Terakhir, nih, seragam SMA yang warnanya putih dan abu-abu. Warna tersebut ditetapkan karena mencerminkan kedewasaan dan ketenangan.

Di tingkat ini pelajar SMA diharapkan sudah bisa bersikap tenang saat bertindak, dan menunjukkan kedewasaannya saat mengambil keputusan.