HETANEWS.com - Sebanyak 8 kayaker menemukan bebatuan unik di Kaldera Geopark Toba saat melakukan kegiatan Eksplorasi Toba yang dimulai dari Desa Sigapiton, Toba hingga Lembah Bakara, Humbang Hasundutan.

Diketahui, kegiatan Eksplorasi Toba ini diinisiasi oleh Lentera Pertiwi Sumatera bersama beberapa komunitas kayak di Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan ini akan berakhir pada acara aksi penanaman bibit pohon dalam rangka Hari Bumi pada Kamis, 22 April 2021.

Dalam eksplorasi Toba itu, para kayaker menemukan potensi bebatuan yang sangat unik dengan kandungan mineral dari beragam jenis dan formasi bentuk bebatuannya.

Salah satu tim Eksplorasi Toba, Parmilinta Hutagalung mengatakan bahwa terdapat berbagai formasi batuan yang berada di sepanjang pinggiran Danau Toba, yakni Batuan Tufa Toba, Batuan beku asam, Granit Toba, Andesit yang diperkirakan berusia 5 juta tahun yang lalu.

Selain itu, berbagai jenis mineral batuan Toba yang di temukan beberapa peneliti dari manca negara maupun geologist Indonesia. Ketua kegiatan Eksplorasi Toba, Yudha Pohan mengatakan bahwa Danau Toba memiliki potensi wisata geologi yang harus dijaga.

"Danau Toba memiliki potensi wisata geologi yang patut dijaga semaksimal mungkin. Perlindungan akan potensi ini patut dijadikan pertimbangan stakeholder pariwisata Danau Toba dan juga Indonesia," kata dia.

Selama beberapa hari menjelajah bibir Danau Toba, para kayaker merasa bahagia dengan melihat bebatuan unik yang ditemukan.

Sumber: indozone.id