SIANTAR, HETANEWS.com - Pihak keluarga dari pasien probable Covid 19 asal Kota Siantar, mengamuk saat proses jenazah dimakamkan di TPU. 

Pihak keluarga menyebut pasien di RS Bina Kasih Medan itu bukan terpapar Covid 19 dan menduga ada rekayasa hingga jenazah dikebumikan di TPU. 

Jenazah pasien dibawa dari kota Medan menuju TPU jalan Sadum, Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat, Selasa (20/4/2021). Jenazah tiba sekitar pukul 19.30 wib

Pihak keluarga yang sebelumnya telah memasang teratak di rumah duka meminta agar jenazah disemayamkan selama 10 menit saja. 

Namun permintaan itu tidak dikabulkan hingga keluarga mendatangi TPU. Disaksikan oleh warga sekitar, pihak keluarga protes dan mengamuk kepada petugas pemakaman jenazah.

Usai menurunkan jenazah probable Covid-19 ke liang lahat, ada keluarga yang kesal dan berteriak kepada petugas Satgas Covid-19 yang hendak pulang.

Mereka menyebut proses pemakaman sudah selesai dan petugas mendapat fee. Mereka menyebut dengan istilah ‘Cair’.

"Cair! Cair! Cair! Cair lah ya dapat uang," kata mereka.

Tak cuma itu, kekesalan juga ditumpahkan kepada sekretaris Satgas Covid 19 Kota Siantar, Daniel Siregar. Plt Kepala BPBD itu diingatkan oleh pihak keluarga.

"Ingat ya hukum akhirat akan terjadi, mau kepercayaan manapun pasti diakui. Ingat kau hanya menjabat 2-3 tahun, setelah itu suka tak suka penguasa kau akan ditendang,”sebut seorang keluarga, ER.

“ingat kau Daniel Siregar. Aku sudah minta tolong sama kau, kau buat kayak gini, jumpa kita di pengadilan ya," ucap ER yang merupakan saudara kandung dari pasien probable covid 19 yang meninggal dunia di Kota Medan.

Sebelumnya, Sekretaris Satgas Covid-19 kota Siantar Daniel Siregar mengatakan bahwa pasien yang meninggal dunia di Medan tersebut merupakan pasien probable Covid-19.

"Pasien yang meninggal itu merupakan probable Covid-19, dan pasien tidak boleh di bawa ke rumah duka dan langsung dimakamkan sesuai protokol kesehatan demi menghindari penyebaran Covid-19," kata Daniel.

Baca juga: Ada Kejanggalan, Jenazah Terpapar Corona Dikebumikan di TPU