SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Taruna taruni Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLI 2021 di Kabupaten Simalungun telah merampungkan seluruh kegiatan fisik dan non fisik, pada Selasa (20/4/2021).

Untuk sasaran fisik, 194 Taruna taruni menyelesaikan pembangunan 4 unit rumah tidak layak huni milik Lamsen Purba, Jalimah, Johardin dan Lasmaria di Kecamatan Raya.

Selanjutn peningkatan jalan Sondi Raya, pengecatan Masjid Ar-Ridho, pengecatan Gereja GKPS Getsemani dan perbaikan sanitasi SMP GKPS.

Untuk sasaran non fisik diantaranya, riset sosial (Risos), workshop IT di SMP Negeri 1 Raya, pelatihan Drumband di SMK Efarina Saribudolok, promosi angkatan dan promosi pariwisata Danau Toba juga telah rampung.

Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf. Roly Souhoka bersama Bupati Simalungun JR Saragih telah memastikan bangunan tersebut dalam kondisi bagus dan berkualitas.

Setelah itu para Taruna taruni menyerahkan kunci secara simbolis kepada pemilik rumah. Pada kesempatan ini warga begitu antusias, senang dan terharu saat menerima kunci tersebut.

"Terimakasih, Pak Dandim. Terimakasih juga untuk para taruna dan taruni," kata Lasmaria, salah seorang warga yang rumahnya ikut dibedah.

Lasmaria berharap ke depan para taruna dan taruni bisa terus berbuat yang terbaik di tengah-tengah masyarakat. "Dimanapun bertugas, semoga tetap berguna bagi masyarakat," kata Lasmaria menambahkan.

Dansatlat I/Macam Letkol Inf. Hendra Syahputra menuturkan, pengabdian selama 14 hari di Kabupaten Simalungun sangat berkesan.

Tak lupa, Letkol Hendra pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan masyarakat yang telah mendukung kegiatan Latsitarda di Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf. Roly Souhoka, mengatakan kegiatan Latsitarda tidak lepas dari kerja keras para taruna dan taruni dalam menyelesaikan sasaran fisik dan non fisik.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat," kata Letkol Roly.

Ia menambahkan, kegiatan Latsitarda Nusantara XLI 2021 di Kabupaten Simalungun berakhir besok, Rabu (21/4/2021).

"Selanjutnya, para taruna dan taruni beserta seluruh pembina dan pendukung akan kembali ke Medan untuk melaksanakan upacara penutupan," tutupnya.

Baca juga: Ini Progres Kegiatan Fisik dan Non Fisik Latsitarda di Simalungun