SIMALUNGUN, HETANEWS.com – Bertempat di perbatasan kota Siantar dan Simalungun, tersebutlah sebuah Huta yang begitu asri. Lokasinya bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 45 menit dari jalan besar.

Untuk lebih jelasnya, jika kita keluar dari Siantar kearah Medan, tepat di perbatasan setelah RM. Burung Goreng, kita berbelok ke kiri jalan melewati jalur perkebunan karet hingga tiba di desa bernama Huta 4 Sidoharum, Nagori Nagurusang, Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun.

Di huta ini, kita dapat menemui Pak Muklis, sosok yang oleh warga sekitar dikenal sebagai kepala keluarga peracik minyak kusuk. Racikannya telah tersohor dikalangan ratusan tukang kusuk sekitar siantar simalungun dengan dikoordinir oleh Pak Sumbayak.

Pak Benson Damanik, kepala desa setempat menuturkan bahwa keluarga Pak Mukhlis memang sedari dulu terkenal sebagai peracik minyak kusuk di daerahnya, banyak pembeli dari luar kampung yang rutin memborong minyak kusuk Pak Mukhlis.

Pak Mukhlis sendiri mengaku cukup kewalahan dengan pesanan yang semakin hari semakin meningkat, bukan karena kekurangan sumber daya manusia, tapi lebih ke bahan baku. Dari belasan bahan dasar ramuannya, kelapa ijo adalah bahan dasar yang paling susah didapat.

Beliau malah harus berkeliling lintas huta, kecamatan bahkan ke kabupaten untuk memperoleh bahan dasar Kelapa Ijo ini.

Anggota DPR RI asal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, yang berkunjung kesana kemudian memberi gagasan untuk aksi menanam bibit kelapa ijo dua pohon ditiap rumah yang langsung disetujui Pak Benson Damanik selaku kepala desa.