HETANEWS.com - Di Portugal, Valentino Rossi sedang berusaha menuju 10 besar, tetapi balapan berakhir dengan musim gugur hanya dua belas poin kejuaraan dalam balapan baru sebelumnya.

Valentino Rossi berhasil melewati lapangan dengan baik di Grand Prix Portugis, tetapi balapan berakhir di atas kerikil untuk veteran itu. 

Itu terjadi tak lama setelah mampu menyalip saudara tirinya, Luca Marini, dalam duel memperebutkan posisi kesebelas. Rossi pun terjatuh di lap ke-15 dan tersingkir.

"Sungguh memalukan karena kami bisa mengumpulkan beberapa poin kejuaraan. Dalam balapan saya setidaknya sedikit lebih baik hari ini," kata pebalap tim Petronas Yamaha itu mencoba melihat aspek positifnya. 

Dibandingkan latihan bebas keempat pada hari Sabtu, Rossi lebih cepat.

Tepat sebelum start, seperti pembalap Yamaha lainnya, dia memilih ban belakang yang keras. Dari posisi ke-17 di grid, pebalap Italia itu hanya menyelesaikan lap pertama di posisi 17.

Tapi kemudian dia mengubah posisi demi posisi. Kecepatan Rossi tidak lebih lambat dari puncak.

"Itu berjalan lebih baik dalam balapan. Kami mampu meningkatkan set-up secara signifikan. Ban belakang yang keras memberi saya perasaan yang lebih baik, stabilitas yang lebih baik. Kecepatan balapan saya tidak seburuk itu. Sayangnya, selalu sulit saat Anda memulainya, jauh di belakang."

"Kami mampu meningkatkan set-up untuk fase pengereman," urai Rossi. "Saya merasa lebih baik dengan ban yang keras. Saya memiliki cengkeraman lebih dan akselerasi yang lebih baik. Itu membuat saya lebih cepat."

10 teratas berada dalam jangkauan. Rossi melaju dengan kecepatan yang sama dengan Alex Marquez (LCR-Honda), yang finis di urutan kedelapan. Sayangnya, roda depan tergelincir di Tikungan 11, keluh Rossi. "Kami harus memeriksa datanya sekarang."

"Saya rasa tidak ada yang di trek. Tikungan ini membebani ban depan. Saya kendarai dengan ban depan medium. Hari ini sangat panas. Bannya sedikit rusak. Makanya saya ingin melihat ke data."

Dan bagaimana duel melawan saudara tirinya Marini? "Saya harus mengemudi lebih agresif melawan saudara laki-laki saya. Saya lebih cepat. Saya butuh satu setengah putaran untuk menyalip Luca. Rasanya aneh menyalip sepeda VR46 dan saudara saya."

Setelah tiga balapan pertama musim ini, Rossi berada di posisi ke-19 kejuaraan dunia dengan empat poin kejuaraan. Jika Anda melihat kembali balapan baru sebelumnya yang diperebutkan Rossi, dia telah mengumpulkan dua belas poin kejuaraan dalam sembilan balapan ini.

Sumber: Motorsporttotal.com