MEDAN, HETANEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan pertumbuhan ekonomi 2021 di Sumut sebesar 4,8-5,2 persen. Target tersebut diharapkan bisa tercapai dengan sejumlah terobosan pemulihan ekonomi yang dilakukan Pemprov Sumut maupun pemerintah pusat. 

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah target yang ditetapkan pemprov Sumut merupakan target yang cukup tinggi di saat pandemi Covid-19 masih terjadi di Sumut.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah akan melakukan sejumlah upaya salah satunya mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Relaksasi kredit khususnya untuk UMKM yang merupakan program pusat juga sangat membantu Pemprov Sumut dalam memulihkan perekonomian.  Mengingat selama ini, sektor ini yang menyumbang besar pertumbuhan ekonomi Sumut," kata Ijeck, Selasa (13/4/2021). 

Ijeck mengatakan langkah paling baik untuk mempercepat pergerakan ekonomi di Sumut adalah dengan fokus melakukan penanganan Covid-19. 

"Dengan mampu ditekannya angka terkonfirmasi, diharapkan pemulihan ekonomi bisa lebih cepat," katanya.

Ijeck mengatakan terkait penanganan Covid-19, Pemprov Sumut akan terus akan memaksimalkan vaksinasi Covid-19 ke masyarakat Sumut. Selain itu, sejumlah program seperti pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran Covid-19. 

"Kami juga terus mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan," ucapnya. 

Sementara itu, pengamat ekonomi Sumut Wahyu Ario Pratomo mengatakan pertumbuhan ekonomi Sumut pada triwulan I 2021 diperkirakan masih akan tumbuh negatif atau minus 1-1, 5 persen. 

Perekonomian Sumut diperkirakan baru membaik pada triwulan II dengan pertumbuhan sekitar 2,5 - 3 persen. Perbaikan kondisi ekonomi Sumut di triwulan II semakin membaik karena aktivis ekonomi mulai bergerak walaupun belum secara maksimal. 

Sumber: inews.id