TOBA, HETANEWS.com - Kapolda Sumut Irjen pol RZ Panca Putra Simanjuntak meresmikan kantor Polisi Pariwisata Danau Toba di Desa Pardomuan Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Senin (12/04/2021).

Kantor Polisi Pariwisata Danau Toba yang juga kantor Polisi Subsektor Ajibata Pos pembantu Polsek Lumban Julu ini, didaulat sebagai Markas Komando Polisi [Mako Pol] Pariwisata se kawasan Danau Toba yang meliputi 7 Kabupaten, dan didukung penuh oleh Polisi Perairan.

Dalam laporan Ditpamobvit Poldasu Kombes Ferdinand Pasaribu menyampaikan, tujuan pembentukan Mako Pol Pariwisata Danau Toba ini sebagai peningkatan pelayanan kepolisian pada sektor pariwisata.

"Kepolisian lebih mendekatkan diri kepada masyarakat agar warga dan pengunjung dapat nyaman dan aman saat berada di kawasan Danau Toba," katanya.

Dia juga berharap agar kepada petugas Polisi Pariwisata nantinya dapat melakukan kolaborasi antara stakeholder kepariwisataan seperti BPODT, Dinas Pariwisata sekawasan Danau Toba, dan melakukan supervisi terhadap Polres sekawasan Danau Toba.

Polisi Pariwisata salah satu upaya Polda Sumut dalam mendukung KSPN Kawasan Strategi Pariwisata Nasional di Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas.

Kapolda Sumut Irjen Panca Simanjuntak berterimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Mako Polisi Pariwisata Danau Toba.

Kapolda juga menghimbau kepada Polairud dan Polisi Pariwisata harus mampu membangun kerjasama kepada seluruh stakeholder, agar terjalin kemitraan dalam pelayanan dan pengamanan di tengah masyarakat untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Dia juga mengatakan kedepan akan bekerjasama dengan BPODT di kawasan Caldera Nomadic Escape Sibisa. 

Disana akan dibangun Pos Polisi Pariwisata bersama TNI Polri dalam melakukan pengamanan untuk memberi kenyamanan kepada pengunjung.

Penulis: Kontributor Toba, Feri

Baca juga: Pos Polisi Pariwisata Di Danau Toba Didirikan