JAKARTA, HETANEWS.com - Pemprov DKI Jakarta mulai mengerjakan pembangunan proyek tugu sepeda di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Pembangunan tugu sepeda ini dikatakan menelan anggaran Rp 800 juta.

Tugu sepeda yang masih dalam proses pembangunan ini terlihat hanya berupa sebuah lingkaran. Lingkaran tersebut terlihat berbentuk seperti roda sepeda.

Di dalam lingkaran besar tersebut, masih terdapat lima lingkaran lagi. Saat ini, belum terlihat jelas nantinya akan berbentuk seperti apa.

Tugu sepeda yang berlokasi tepat di sebelah Prudential Tower ini masih dalam proses pembangunan. Proyek tugu sepeda itu masih dibatasi oleh pagar berwarna putih bergaris merah.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan pembangunan tugu sepeda akan menelan anggaran senilai Rp 800 juta.

"Tugu sepeda ini dapat anggaran dari kewajiban pihak swasta, pihak ketiga. Kemudian nilainya kurang-lebih Rp 28 miliar, termasuk tugunya yang Rp 800 juta," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/4/2021).

Riza menyampaikan pembangunan tugu sepeda ini bertujuan memberi ruang, khususnya kepada para pelaku seni, untuk berkreasi demi memperindah Ibu Kota. Dia juga memastikan anggaran bukan berasal dari APBD DKI Jakarta, melainkan dari pihak ketiga.

"Itu kan memberi ruang untuk pelaku seni berkreasi, seni untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dan mempercantik Jakarta. Anggaran dari pihak ketiga," jelasnya.

Selain itu, politikus Gerindra tersebut memandang tugu sepeda ini sebagai bentuk keberpihakan Pemprov DKI memfasilitasi para pesepeda. Dia berharap ke depan sepeda bisa dijadikan sarana transportasi bagi warga Ibu Kota.

sumber: detik.com