SIANTAR, HETANEWS.com- Pada pembukaan pertandingan pertama Kejuaraan Daerah Tinju Junior Amatir Youth 2021. Kini sebanyak 22 petarung yang merupakan perwakilan dari 11 Kabupaten se Sumut bertanding, pada Rabu (7/4) sore sekira jam 15.30 WIB. 

Adapun pertandingan pertama, antara lain
David Cholit asal kota Tebing tinggi dipertemukan melawan Ardiano Sihotang, petarung asal Padang Sidempuan, keduanya bertanding pada kelas 44 kilogram dan selesai pada tiga ronde berlangsungnya tarungan, pertarungan tersebut dimenangkan oleh Ardiano Sihotang asal Padang Sidimpuan.

Pertarungan kedua,selanjutnya pada kelas 52 kilo gram. Petarung tuan rumah asal Siantar Alsandro Pardede, bertarung dengan Herbi Silitonga asal kota Medan. Namun sayang, masih dibabak pertama bertanding. Alsandro berakhir KO ditangan Herbi Silitonga akibat terkena pukulan Uppercat.

Selanjutnya, pada pertandingan ketiga. Devan Lindo April Hasibuan dari Kabupaten Simalungun, bertarung dengan Yudi Pranata asal Kota Binjai pada kelas 52 kg. Setelah melewati dua menit masa pertandingan, Devan Lindo April Hasibuan dinyatakan menang.

Pertandingan keempat kelas 69 kilo gram. Lagi-lagi, Petinju perwakilan dari Kabupaten Simalungun, Smile Hansen Butar Butar bertanding berhadapan dengan petinju asal Kabupaten Langkat, M. Samsi. Masih dibabak pertama, M Samsi dinyatakan KO oleh juri.

Kemudian, pertandingan kelima, petinju asal Binjai Erik Morales berhadapan dengan petinju asal Medan, Duta Padila Simatupang pada kelas 46 kg. Karena banyaknya point pukulan yang dilayangkan ke Erik Morales,yang membuat petinju asal Kota Medan bernama Duta Padila Simatupang menjadi pemenang.

Pertandingan keenam pada kelas 49 kilogram,yakni Jire Purba petinju asal kota Siantar yang bertanding melawan Ansyori Maulana Pakistan asal kota Binjai. Sampai selesai di tiga ronde, Ansyori Maulana Pakistan menjadi pemenang point dalam pertandingan yang nantinya dilanjutkan jam 19.00 WIB.

setelah ibadah shalat magrib, wasit melanjutkan pertandingan. Adapun petinju asal Kabupaten Simalungun, Angga Saputra berhadapan dengan petinju asal Pakpak Barat Yakni Alfredo Prananta Sinamo pada kelas 52 kilogram, yang berlangsung antusias.

Hasilnya, petinju asal Kabupaten Simalungun Angga Saputra memenangkan pertandingan sampai 3 ronde dalam waktu 2 menit. 
Sebelum melanjutkan pertandingan ke-delapan, laga dijeda untuk melaksanakan pelantikan pengurus Pertina 2022-2027.

Berikutnya, masuk di kelas 56 Kilo Gram. Yakni Rivaldo Sitanggang asal kota Medan, berhadapan dengan Andri Yahya asal Kabupaten Langkat. Pertandingan, dimenangkan oleh Rivaldo Sitanggang asal kota medan dengan kemenangan RSC (Reveri Stop Contact) pada ronde terakhir. 

Laga ke sembilan putra asal Samosir, Reza Andreas Tamba berhadapan dengan Akbar J.S Hasibuan asal Sergai dipertemukan pada kelas 56 kg. Bertanding selama 3 ronde, Reza Andrea Tamba berhasil menang KO pada ronde terakhir. 

Pertandingan ke-sepuluh, dikelas 56 kg perwakilan ke-3 dari Kota Pematangsiantar, Demson Sinurat berhadapan dengan petinju asal Tebing Tinggi, Joko Agung Pernadi. Berbeda dengan 2 altit dari 3 perwakilan kota Pematangsiantar yang menelan kekalahan, kali ini Demson Sinurat berhasil memenangkan pertandingan karena atlit asal Tebing Tinggi menyerah pada ronde terakhir. 

Dan laga terakhir mempertemukan petinju pertama asal Tapanuli Selatan, Lasdel Eka Pane berhadapan dengan petinju asal Medan, Kalam Pinayungan pada kelas 64 kg. Atlit asal Tapsel menelan kekalahan pada ronde pertama karena pelatih melempar handuk ke arena ring sebagai pertanda menyerah. 

Kemenangan Kalam Pinayungan sekaligus menjadi penutup pada pertandingan di hari pertama. Pertandingan kejuaraan daerah Tinju Amatir Youth 2021 berlangsung selama 4 hari dimulai tanggal 7 hingga 10 April mendatang.

Nantinya para peserta yang menjadi juara akan bertanding mengikuti Kejurnas Tinju Danau Toba tourism, Boxing, serta One Pride MMA.

Ketua Pertina Kota Pematangsiantar, Mayor CPM Binson Simbolon SH MH mengatakan Selain menjadi olahraga , Kejuaraan Tinju ini diharapkan dapat menangkal covid-19 dan juga menjauhkan pemuda/i dari kejahatan juga penyalahgunaan Narkoba.