JAKARTA, HETANEWS.com - Polisi masih melakukan penyelidikan dari penemuan senjata tajam (sajam) di mobil pengacara Habib Rizieq Shihab (HRS), Alamsyah Hanafiah. Dari hasil pemeriksaan sementara, Alamsyah mengaku membawa sajam itu sebagai benda pusaka.

"(Sajam ini dibawa Alamsyah sebagai) warisan leluhur yang punya nilai gaib," ujar Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur (Jaktim) Kompol Suwardi, saat dihubungi, Kamis (8/4/2021).

"(Alamsyah bawa sajam sebagai benda) pusaka," tambahnya saat kembali dikonfirmasi.

Suwardi mengatakan polisi masih melakukan penyelidikan dari kasus ini. Sebanyak 5 orang termasuk Alamsyah, lanjutnya, sudah dimintai keterangan.

"Pengakuannya (2 sajam itu dia dapatkan) dari saudaranya,"kata Suwardi.

Dihubungi terpisah, Kapolres Metro Jaktim Kombes Erwin Kurniawan menambahkan Alamsyah membawa sajam di mobilnya untuk melindungi diri. Alamsyah, kata dia, masih berstatus saksi.

"Katanya (Alamsyah bawa sajam) sih untuk berjaga-jaga," ucap Erwin.

Sebelumnya, polisi menemukan dua bilah senjata tajam jenis golok ukuran panjang dan pendek dari mobil milik Alamsyah Hanafiah pada Jumat (26/3). Mobil tersebut terparkir di sekitar PN Jaktim.

Saat itu, Alamsyah datang ke lokasi sebagai salah satu anggota tim kuasa Habib Rizieq yang tengah menjalani sidang kasus kerumunan. Ditanya soal penemuan sajam itu, Alamsyah awalnya mengatakan benda tersebut digunakan untuk memotong mangga.

"Oh, itu memang ada, untuk memotong mangga, ada senjata tajam ada," katanya di depan PN Jaktim, Jumat (26/3).

Selang beberapa jam, Alamsyah ditanya lagi oleh wartawan soal penemuan sajam di mobilnya tersebut. Kali ini dia mengaku benda tersebut merupakan suvenir dari para kliennya.

"Itu kan begini, di rumah sudah ada, di mobil sudah ada yang anu, suvenir-suvenir itu. (Sajam) itu adanya kan di mobil, memang dari tahun 2001 itu di mobil. Nggak pernah diturunkan (sajam yang ditemukan polisi)," ujar Alamsyah.

Alamsyah pun kemudian menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Timur pada Rabu (31/3) siang. "Kebetulan hari ini beliau (Alamsyah) hadir di Polres Metro Jakarta Timur dan masih diperiksa. Nanti hasil pemeriksaan akan kami sampaikan," ujar Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (31/3). 

Baca juga: Pengacara HRS soal Penangkapan Terduga Teroris: Atribut FPI Bisa Dibeli

sumber: detik.com