SOLO, HETANEWS.com - Pengamat politik, Ujang Komarudin menilai, sejumlah tokoh sowan ke Wali Kota Solo Gibran Rakabuming demi kepentingan Pemilu 2024. Gibran menjadi magnet lantaran sebagai anak presiden karena para tokoh berkepentingan mendapat dukungan Presiden Joko Widodo.

"Karena Gibran anak presiden. Semua berkepentingan terhadap Jokowi untuk Pemilu 2024. Dan Gibran itu menjadi jalan penghubung ke Jokowi," katanya kepada wartawan, Kamis (8/4).

Dia bilang, meski Jokowi tidak bakal maju lagi di 2024, tetapi mantan gubernur DKI Jakarta ini masih menjadi tokoh penentu. Jokowi masih jadi presiden.

Sehingga, para tokoh ini mendekati Gibran demi mendapatkan dukungan Jokowi di Pilpres 2024. Sementara ada jual beli kepentingan para tokoh membantu Gibran.

"Jadi pasti banyak yang akan mendekati Gibran. Dan itu politik biasa saja. Untuk merebut hati Jokowi, namun jalurnya via Gibran. Itu sah-sah saja secara politik," jelas Ujang.

Jokowi dianggap masih menjadi faktor penentu siapa yang bakal menang di Pilpres 2024. Elite politik banyak cari muka melalui Gibran.

"Jokowi masih sebagai decision maker siapa yang akan menang di Pilpres nanti. Karena dia masih jadi presiden. Nah elite-elite itu berkepentingan pada Jokowi tapi lewat Gibran. Cari mukanya lewat Gibran lah dan kasih program-program pembangunannya banyak ke Gibran," kata Ujang.

Terlebih lagi, ada timbal balik yang disampaikan, misalnya oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang bisa mendorong Gibran menjadi gubernur DKI Jakarta.

"Sesuai pernyataan Cak Imin ketika bertemu Gibran. Bisa saja nanti ada agenda untuk dorong Gibran menuju DKI-1 di 2024," tutupnya. 

sumber: merdeka.com