SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Terjadi kebakaran melanda dua unit rumah di Kampung Tengkoh, Nagori Simbolon Tengkoh. Beruntung tidak ada korban jiwa dan api berhasil dipadamkan.

Kebakaran terjadi pada Rabu (7/4) sore sekitar pukul 15.30 WIB. Dua rumah warga  yang dilalap api milik Jon Kiaman Purba (55) dan tetangganya, Anto Purba (44).

Kasi Ops Damkar Siantar, Remaja Ginting mengatakan penyebab sementara kebakaran diduga berasal dari arus pendek dari salah rumah korban.

"Sejauh ini ada dua unit rumah yang terbakar. Kita perbantukan empat unit armada Pemadam Kebakaran. Ini sudah masuk wilayah Kabupaten Simalungun. Jadi kita sifatnya membantu," ujar Ginting ditemui di lokasi.

Menurut Pangulu Simbolon Tengkoh, Cardo Efendi Saragih ditemui wartawan mengatakan, awal mula api muncul dari dapur rumah yang dihuni Jon lalu menjalar ke rumah tetangganya, Anto.

Dari keterangan warga, kata Cardo, kebetulan Jon sedang bekerja di ladang dan rumahnya dalam keadaan kosong.

"Awalnya api berasal dari dapur rumah Jon Kiaman Purba. Rumahnya pas lagi kosong, pemiliknya pergi ke ladang. Jon Kiaman Purba dan Anto Purba ini sepupuan," kata Cardo.

Api pun yang sudah membumbung tinggi langsung merembet ke rumah Anto Purba. Kebetulan kedua rumah tersebut letaknya berendeng.

Warga langsung berjibaku memadamkan api dengan peralatan seadanya, sebelum petugas kebakaran datang ke lokasi.

"Sudah  sempat tadi api merembet ke rumah warga yang lain. Warga langsung memadamkan api dengan alat seadanya lah," kata seorang warga menimpali.

Baca juga: Warga Desak Kejari Selidiki Dugaan Korupsi BLT Pardomuan Bandar