MEDAN, HETANEWS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Listyo Sigit memantau vaksinasi COVID-19 drive thru di Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Kota Medan, Rabu (7/4). Saat meninjau vaksinasi mereka didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Usai memantau, Hadi menilai pelaksanaan vaksinasi drive thru di Kota Medan berjalan baik. "Saya melihat melalui pendaftaran secara aplikasi hingga eksekusi vaksinasi berjalan dengan baik," ujar Hadi saat memberi sambutan.

Hadi juga mengungkap sistem drive thru di Kota Medan ini, bisa dijadikan role model bagi daerah lain, di Indonesia. "Kita harapkan strategi untuk mencapai vaksinasi secara nasional tercapai. Bisa benar-benar terwujud drive thru tersebut," ujarnya.

Tak lupa pada kegiatan itu, dia berpesan ke masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan, walaupun sudah divaksin.

"Harus tetap menggunakan masker, senjata utama untuk menangkal terpaparnya COVID-19. Kita tetap menggunakan masker walaupun kita sudah divaksin. Itu ingin saya sampaikan," ujar Hadi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyebut program vaksinasi massal drive thru merupakan sebuah inovasi yang baik di Kota Medan.

Pasalnya dalam sehari, ditargetkan 1000 masyarakat di Medan, divaksin dengan cara drive thru

"Dari beberapa strategi dilaksanakan, kita berikan apresiasi dilakukan masyarakat, vaksinasi massal," jelas Sigit.

Sigit juga menjelaskan dari perbincangan dengan masyarakat yang divaksin, pelayanan vaksinasi di Lanud Soewondo juga memuaskan.

"Melaksanakan drive thru, kita tanyakan langsung (ke masyarakat). Kapan masyarakat mendaftar, rata-rata paling tadi malam atau satu hari sebelumnya. Sekarang bisa dilayankan dengan baik," ujar Sigit.

Dengan vaksinasi massal ini Sigit berharap imunitas warga Kota Medan mejadi begitu baik, sehingga mampu menekan penyebaran COVID-19 di sana.

"Saya yakin bahwa program vaksinasi massal, untuk membentuk imunitas Kota Medan dan Medan secara umum bisa terlaksanakan. Walaupun sudah melaksanakan vaksin, tetap menggunakan masker, 3M dan 3T," tutur Sigit.

Sementara itu Bobby Nasution menjelaskan untuk pelaksanaan vaksinasi drive thru di Lanud Soewondo, disiapkan sebanyak 60 ribu vaksin untuk masyarakat.

“Kalau per hari 1.000 vaksin. Jadi, ada 60 hari (dilakukan)," ungkap Bobby

Menantu Presiden Joko Widodo ini juga menyebut vaksinasi massal merupakan bagian dari upaya Pemko Medan dan Satgas COVID-19 menekan angka penyebaran corona. Untuk kota Medan sendiri dia menargetkan 75% warganya di vaksin

"Melalui tindakan ini (diharapkan) menjadi (kan) kita sehat walafiat,’’ujar Bobby.

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Vaksinasi Drive Thru di Medan

sumber: kumparan.com