MEDAN, HETANEWS.com - Pemerintah Kota Medan menyiapkan 60.000 dosis vaksin COVID-19 dalam vaksinasi drive-thru di Lapangan Udara (Lanud) Soewondo, Medan. Vaksin tersebut diperuntukkan kepada warga Kota Medan selama dua bulan ke depan.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menargetkan sebanyak 1.000 orang divaksin COVID-19 secara drive-thru di Lanud Soewando setiap harinya. Dia berharap animo masyarkat untuk mengikuti proses vaksinasi ini tinggi hingga bisa diteruskan nantinya.

"Kami sepakat kalau animo tinggi, kalau dicapaikan 75 % target maka bisa layanan ini dibuka selama setahun ke depan," ucapnya, Rabu (7/4) siang.

Dikatakannya, saat ini Dinas Kesehatan Kota Medan sudah menyiapkan sebanyak 60.000 dosis vaksin COVID-19 dengan target sebanyak penyuntikan 1.000 dosis setiap harinya untuk dua bulan ke depan.

"Kapasitas tempat itu bisa 1.500, kalau bisa dipercepat, ekonomi bisa bangkit. Vaksinasi massal itu salah satu program prioritas Pemko Medan, hari ini masih lansia dan pendamping, kedepana pelayanan publik dan masyarakat," ucapnya.

Dijelaskannya, selama bulan Ramadan, layanan vaksinasi drive thru ini akan tetap dibuka apalagi MUI sudah mengeluarkan fatwa terkait vaksinasi selama berpuasa.

FFatwanya sudah ada ya tentang vaksinasi di bulan ramadan. Tentunya kami ketika bulan puasa nanti. Kami prediksi mungkin tidak seramai hari biasa," ujarnya.

Bobby sendiri belum berencana mengalihkan jam penyuntukan vaksin layanan drive-thru ke malam hari. Apalagi, fasilitas yang ada di eks Bandara Lanud Soewondo belum memadai ketika dialihkan ke malam hari. 

sumber: kumparan.com