RIAU, HETANEWS.com - Video menunjukkan satu unit pesawat tempur terbang rendah di perairan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Disebut-sebut pesawat tempur tersebut milik militer Amerika Serikat (AS).

Pesawat tempur itu disebut melintas di daerah barat laut Kepulauan Natuna, Kepri. Dalam video yang beredar, pesawat tempur tersebut bermanuver terbang rendah.

Video itu disebut diambil dari kilang minyak di lepas pantai perairan Natuna. Tampak ada bendera Indonesia di kilang itu.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjelaskan peristiwa tersebut terjadi di perairan Natuna pada Selasa (6/4/2021) sekitar pukul 16.15 WIB. Dia memastikan pesawat melintas di luar wilayah Indonesia.

"Telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet, di atas FPSO (Floating, Production, Storage and Off loading Vessel) Kakap Natuna yang dioperasikan oleh perusahaan minyak Indonesia dan berada di wilayah ZEE, sekitar 169 mil di sebelah barat dari Kepulauan Natuna," kata Marsma Indan.

Dia mengatakan pihaknya masih mendalami lebih jauh terkait peristiwa tersebut dengan pihak terkait.

"Atas kejadian tersebut, disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait," ujar dia. 

sumber: detik.com