MEDAN, HETANEWS.com -  Sudah lebih dari 120.000 orang di Kota Medan divaksinasi. Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution menargetkan vaksinasi dilakukan sebanyak 1.000 orang setiap harinya. Lapangan Udara (Lanud) Soewondo yang saat ini dijadikan untuk pelaksanaan vaksinasi drive thru dapat menampung dalam jumlah banyak orang yang akan divaksin.

"Ini uji coba pakai drive thru. Kurang lebih ada 50 - 70 yang akan divaksin (hari ini) dari tenaga pendidik. Ini hanya mengecek jalur, bagaimana rutenya. (mulai dari) pendaftaran, screening, cek kesehatan, tensi, pertanyaan tetap sama. Vaksinasi tetap di mobil saja. Setelah itu menunggu 30 menit. Sudah disiapkan tempatnya," katanya saat mengecek kesiapan di Lanud Soewondo, Selasa (6/4).

Dijelaskannya, petugas juga disiapkan jika ada KIPI (kondisi ikutan pasca imunisasi). Pihaknya sudah menyiapkan tempat ICU di salah satu ruangan di VIP di Lanud Soewondo. Vaksinasi drive thru di Lanud Soewondo ini kemungkinan dilakukan berbulan-bulan. Pihaknya akan melihat kemampuan vaksin.

Menurutnya, jika dimassifkan, masyarakat banyak berdatangan, maka vaksinasi drive thru ini akan dipertahankan dengan memprioritaskan lansia dan pendampingnya, tenaga pendidik, dan pelayan publik. "(yang sudah divaksin) Di Kota medan ada lebih 120.000, itu gabung ya, ada vaksin pertama dan kedua. Dalam sehari, targetnya 1.000 orang," katanya.

Dikatakannya, kedatangannya hari ini di Lanud Soewondo untuk mengecek kesiapan. Evaluasi untuk vaksinasi yang dilakukan dari pagi hingga sore, lanjut Bobby, jika pada siang hari terlalu panas, maka akan dilakukan penambahan kipas angin atau pendingin untuk tenaga vaksinator agar tetap dalam kondisi fit.

Dijelaskannya, vaksinasi drive thru ini merupakan sesuatu yang baru di Kota Medan. Pihaknya banyak disupport oleh Lanud Soewondo yang merupakan bekas Bandara Polonia Medan dengan parkiran yang sangat luas dan bisa menampung kurang lebih 1.000 orang per hari. "1.000 orang per hari target kita," katanya.

sumber: kumparan.com