MEDAN, HETANEWS.com - Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menyebut, sudah ada lebih dari 120.000 orang di Medan, Sumatera Utara, yang menjalani vaksinasi Covid-19. Untuk mempercepat vaksinasi, Bobby menargetkan 1.000 warga Medan disuntik vaksin dalam sehari.

Pangkalan Udara (Lanud) TNI Soewondo yang saat ini dijadikan lokasi untuk vaksinasi drive-thru dapat menampung orang dalam jumlah banyak.

"Ini uji coba pakai drive-thru. Lebih kurang ada 50 - 70 yang akan divaksin (hari ini) dari tenaga pendidik. Ini hanya mengecek jalur, bagaimana rutenya pendaftaran, screening, cek kesehatan, tensi, pertanyaan tetap sama. Vaksinasi tetap di mobil saja. Setelah itu menunggu 30 menit," kata Bobby kepada wartawan, Selasa (6/4/2021).

Pemkot juga menyediakan tenaga medis untuk memantau kondisi ikutan pasca imunisasi.

"Kita sudah siapkan tempat ICU di salah satu ruangan di VIP di Lanud Soewondo," kata Bobby.

Menurut Bobby, vaksinasi drive-thru di Lanud Soewondo ini kemungkinan dilakukan berbulan-bulan. Apabila efektif, vaksinasi drive-thru ini akan dipertahankan dengan memprioritaskan lansia dan pendampingnya, tenaga pendidik dan pelayan publik.

"Di Kota Medan sudah ada lebih 120.000, itu gabung ya, ada vaksin pertama dan kedua. Dalam sehari, targetnya 1.000 orang," kata Bobby.

Adapun Bobby mengecek langsung proses vaksinasi di Lanud Soewondo. Menurut Bobby, evaluasi sedang terus dilakukan. Berbagai fasilitas akan ditambahkan, termasuk penambahan kipas angin atau pendingin untuk tenaga vaksinator agar tetap dalam kondisi fit.

Bobby mengatakan, vaksinasi drive-thru ini merupakan sesuatu yang baru di Kota Medan. Pihaknya banyak didukung oleh Lanud Soewondo yang merupakan bekas Bandara Polonia Medan. Kawasan ini memiliki parkiran yang sangat luas dan bisa menampung lebih kurang 1.000 orang per hari.

"1.000 orang per hari target kita," kata Bobby.

Baca juga: Didemo, Wali Kota Bobby Nasution Berdialog dengan Pengunjuk Rasa, Ada yang Tanya Janji Kampanye

Sumber: kompas.com