MALAKA, HETANEWS.com - Bencana banjir yang melanda kabupaten Malaka selama kurang lebih lima hari terakhir telah menelan banyak korban jiwa dan harta.

Rumah warga dan lahan pertanian terendam banjir, akses transportasi dan komunikasi terputus. Ribuan orang kini berada di beberapa titik pengungsian dengan kondisi yang memperihatinkan.

Keterbatasan pakaian, makanan dan kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya adalah persoalan mendasar yang harus secara cepat dan tepat diatasi.

Melihat hal ini, Partai Rakyat Adil Makmur Kab. Malaka dalam segala keterbatasannya kemudian bergerak menggalang solidaritas dalam membantu korban bencana.

PRIMA kab.Malaka menugaskan kadernya turun ke lapangan sebagai sukarelawan, membuka posko darurat, dan upaya solidaritas lainnya demi membantu para pengungsi di berbagai titik penampungan. 

Seperti tampak pada Senin (5/4/2021) siang ini, posko PRIMA kab.Malaka berhasil mengumpulkan beberapa karung pakaian bekas layak pakai dari masyarakat Malaka yang tergerak hatinya.

Pusat informasi PRIMA Malaka untuk bencana banjir Kabupaten Malaka (foto/doc PRIMA)

"Sumbangan ini kemudian telah didistribusikan kepada para pengungsi melalui pemerintah kabupaten Malaka yang saat itu diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Malaka, Drs. Yoseph Parera," jelas ketua DPK PRIMA Malaka, Ardy Sirimain. 

"Posko PRIMA Malaka masih akan terus terlibat dalam penanganan bencana kedepannya. Baik sebagai sukarelawan di pusat-pusat penampungan pengusian maupun membuka penggalangan donasi publik di posko utama PRIMA Malaka," tambahnya.

Dalam rilis resmi PRIMA Malaka yang diterima redaksi, PRIMA Malaka berharap masyarakat dari seluruh Indonesia tergerak hati untuk boleh ikut bersolidaritas, bahu-membahu mengurangi beban masyarakat korban bencana banjir di kabupaten Malaka maupun di kabupaten-kabupaten lain di NTT dan NTB, tutup Sirimain yang didampingi beberapa sukarelawan Posko PRIMA Malaka.