SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Pangulu Pardomuan Bandar inisial JP dilaporkan oleh warganya ke Kejari Simalungun. JP dilaporkan atas dugaan kasus korupsi penyaluran BLT dari Dana Desa Tahun 2020. 

Warga Pardomuan Bandar berbondong bondong mendatangi kantor Kejari Simalungun di Jalan Asahan, pada Senin (5/4/2021). Kedatangan warga diterima oleh Kejari Simalungun melalui Kasi Intel, Ratno TH Pasaribu. 

Laporan dugaan korupsi tersebut diterima Kejaksaan pada 25 Maret lalu. Perwakilan warga Rosman Purba Tambak, Jonri Dame Purba, Junriaman Purba mempertanyakan hasil laporan tersebut.

Menurut Rosman Purba Tambak, pekan depan pihak Kejari Simalungun berjanji akan turun ke lapangan. 

"Menanggapi laporan kami, pihak kejaksaan akan turun ke Nagori kami," jelas Rosman usai bertemu Kasi Intel.

Baca juga: Kasus Dugaan Korupsi Anggaran Dana Desa Sihemun Baru Berlanjut

Ia mengatakan JP diduga melakukan korupsi dalam penyaluran BLT Dana Desa tahun 2020. BLT yang diterima setiap bulan tidak disalurkan kepada warga.

"Kami hanya menerima BLT Dana Desa pada bulan April, Mei, Juni sebesar Rp 600 ribu dan bulan Desember Rp 900 ribu," kata Purba.

Warga pernah mempertanyakan kasus itu secara langsung kepada pangulu. Namun JP berdalih dana desa untuk pembangunan fisik pembukaan jalan di Dusun Bandar Silih. Menurut Rosman pembangunan yang disebutkan itu tidak benar adanya.

Ia juga mengatakan pembangunan bersumber dari dana desa setiap tahunnya dikerjakan asal jadi. Bahkan belum satu tahun pembangunan sudah hancur. JP dinilai tidak transparan dalam mengalokasikan dana desa dan membuat kebijakan sendiri.

Oleh sebab itu pihaknya meminta APH khususnya Kejari Simalungun segera memeriksa dan memanggil JP.

Sementara itu, Kasi Intel Ratno TH Pasaribu mengatakan pihaknya telah menerima laporan pengaduan tersebut. 

Selanjutnya pihaknya akan menelaah dan meminta sejumlah keterangan dan klarifikasi tentang laporan warga Pardomuan Bandar.

"Kami juga akan turun ke lapangan melakukan evaluasi tentang laporan warga bersama inspektorat," jelas Pasaribu.

Baca juga: Kecurangan Pilpanag Pardomuan Bandar Dilaporkan ke Bupati Simalungun