SIANTAR, HETANEWS.com - Partai Nasional Demokrat atau NasDem Kota Siantar menjadi salah satu parpol primadona para calon Wakil Wali Kota Siantar. 

Para calon keburu melamar NasDem sebelum pendaftaran dan penjaringan calon Wakil Wali Kota Siantar dibuka secara resmi. 

"Kami belum membuka pendaftaran calon Wakil Wali Kota Siantar karena juklak untuk itu belum ada. Jadi ini namanya bukan pendaftaran, ini secara pribadi dan nanti (berkas pencalonan) kami sampaikan ke DPW dan DPP," kata Sekretaris DPD NasDem, Fernando Sitorus, Rabu (31/3).

Sedikitnya ada tiga nama yang telah melamar NasDem. Diantaranya Yan Santoso Purba, Mangatas Silalahi dan Astronout Nainggolan. 

Selain 3 nama calon Wakil Wali Kota Siantar itu, dikabarkan Sondi Viktor Silalahi dan Suhanto Pakpahan akan ikut menyusul.

Fernando memastikan nama nama tersebut akan disampaikan kepada pengurus partai atasan untuk menentukan siapa yang akan diusung.

Ia menjelaskan, jika dalam perjalanan Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) penjaringan calon Wakil Wali Kota sudah diterbitkan, pihaknya tentu akan membawa nama nama tersebut.

"Nasdem dengan tangan terbuka menerima kehadiran teman teman," ujar Ketua DPD NasDem Siantar, Frans Herbert Siahaan saat menerima kedatangan Astronout Nainggolan.

Ajakan merestorasi

Politisi PDIP sekaligus Anggota Komisi III DPRD Siantar, Astronout Nainggolan, resmi menyerahkan berkas pencalonan ke pengurus DPD NasDem, pada Rabu siang di Jalan Pattimura. 

Kader PDIP ini memohon dukungan NasDem Siantar dalam pencalonannya sebagai Wakil Wali Kota Siantar. 

Serius maju menjadi Waki Wali Kota, Astronout telah mendaftarkan dirinya ke PDIP, Gerindra dan Demokrat Siantar. Jika memungkinkan ia pun bakal mendaftar ke parpol lain.

"Saya diizinkan oleh Ketua DPC PDIP Siantar dan juga didampingi Sekretaris DPC disini. Maksudnya, kami ingin memohon dukungan untuk bersama sama membangun kota Siantar," kata Nainggolan.

Menurutnya, tagline NasDem 'Restorasi' adalah kata kunci yang tepat untuk memperbaiki kondisi Kota Siantar saat ini. Ia menambahkan keinginan mencalon sebagai Wakil Wali Kota karena punya ide dan gagasan.

"Siantar ini perlu kita restorasi. Jadi mari sama sama membangun kota Siantar," pungkasnya.

Baca juga: Jajaki Parpol, Sondi Bakal Jadi Pemimpin Termuda