TEBING TINGGI, HETANEWS.com - Perwakilan BI Sumut, Harry Baskoro menyampaikan tahun lalu kondisi ekonomi Indonesia terdampak signifikan oleh pandemi Covid-19.

Meski mengalami penurunan pertumbuhan dibanding tahun 2019, sektor pertanian lebih mampu bertahan.

"Secara tahunan, perekonomian Sumatera Utara mencatat penurunan pertumbuhan -1,07% yang dibanding dengan tahun 2019 sangat berbeda yang tumbuh sebesar 5,22%,” kata Baskoro saat acara  di Kampung Tangguh di Kelurahan Mekar Sentosa Kecamatan Rambutan, Senin (29/3/2021).

“Namun lapangan usaha (sektor) pertanian dapat tumbuh positif. Oleh sebab itu sektor pertanian perlu menjadi perhatian bersama untuk peningkatan Ekonomi Sumut di tengah kegiatan vaksinasi yang masih berjalan." jelasnya. 

Adri Nasution selaku Kasi Tanaman Obat dan Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa pihaknya terus mengucurkan bantuan untuk Kota Tebing Tinggi.

Pemko Tebing Tinggi melalui Sekda, Muhammad Dimiyathi menyampaikan terima kasih kepada BI dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang telah memberikan bantuan sehingga kelompok tani di kelurahan mekar sentosa.

Dengan melakukan inovasi dan kombinasi pada sektor pertanian diharapkan mampu mempercepat pemulihan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dapat tercapai. Ekonomi yang baik akan berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

"Kita harus punya inovasi-inovasi sehingga pemulihan ekonomi kita bisa lebih cepat lagi, kita tidak melulu terpaku pada satu kegiatan tetapi bagaimana kita bisa inovasi, kita bisa combine kegiatan-kegiatan lain semata-mata tujuannya untuk meningkatkan perekonomian kita,” jelasnya.

Penulis: Kontributor Tebing Tinggi, Wili Harianja

Baca juga: Kapolres Ikuti Doa Bersama Dengan Forkopimda